Kehadiran Pangeran Andrew Bikin Canggung Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Skandal Seks

Kehadiran Pangeran Andrew Bikin Canggung Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ada Skandal Seks

Pangeran Andrew--

RAKYATCIREBON.ID, TAK hanya kesedihan, kecanggungan juga bakal mewarnai prosesi pemakaman Ratu Elizabeth pada hari ini, Senin (19/9), salah satunya karena kehadiran Pangeran Andrew yang terseret skandal seks.

Akibat skandal tersebut, Andrew dicopot dari militer Inggris. Alhasil, Andrew dilarang mengenakan seragam militer selama prosesi pemakaman Elizabeth hari ini.

Kehadiran Andrew pun dianggap membawa kecanggungan ketika prosesi pemakaman Ratu Elizabeth berlangsung. Sejak pekan lalu, sejumlah media, termasuk AFP, sudah memperkirakan momen "awkward" Andrew ini.

Ia tak diperbolehkan memakai seragam militer. Sementara itu, abangnya, Raja Charles III, dan saudaranya yang lain akan tetap memakai seragam militer.

Andrew terjerumus ke posisi canggung ini karena sederet skandal pelecehan yang juga menyeret nama paedofil asal Amerika Serikat, Jeffrey Epstein.

Andrew diduga melakukan pelecehan seksual terhadap Virginia Robert Giuffre pada Maret 2001. Saat itu, Giuffre masih berusia 17 tahun.

Menurut pengakuan Giuffre, Epstein menjual dan memaksa dia untuk berhubungan seksual saat masih di bawah umur dengan Pangeran Andrew.

Giuffre juga mengatakan bahwa ketika itu, Pangeran Andrew mengetahui usia dirinya. Ia pun merasa menjadi korban prostitusi terselubung.

Pada 2019 lalu, Giuffre mengajukan gugatan ke pengadilan di AS. Dalam berkas yang diajukan, Giuffre mengaku tak bisa berbuat apa-apa lantaran takut terhadap Epstein dan Pangeran Andrew yang punya kekayaan dan koneksi dengan pemerintah.

Pada September 2021 lalu, Andrew melalui pengacaranya menolak gugatan itu. Pengacaranya menegaskan bahwa penggugat telah menandatangani kesepakatan soal tuntutan Pangeran Andrew pada 2009 silam.

Namun, hakim Amerika Serikat, Lewis Kaplan, memutuskan untuk tetap melanjutkan kasus. Lewis menilai terlalu dini mempertimbangkan upaya Andrew yang meragukan tuduhan penggugat.

Di tengah kisruh ini, pada Januari lalu akhirnya Kerajaan Inggris resmi mencopot Pangeran Andrew dari militer dan tugas kerajaan. Pangeran Andrew juga tak lagi mendapatkan perlindungan dari Kerajaan Inggris.

"Duke of York [gelar resmi Andrew] tak akan melakukan tugas publik dan akan melanjutkan kasus ini sebagai warga sipil," demikian pernyataan Istana Buckingham melalui situs resmi.

Karena sudah tak menjadi anggota, maka Andrew tidak boleh memakai seragam militer di acara-acara khusus, termasuk di pemakaman Ratu Elizabeth.

Di Inggris, pensiunan militer tak diperbolehkan menggunakan seragam kecuali mendapat penugasan khusus dari kerajaan atau pemerintah, demikian dilaporkan CNN.

Jika tak ada penugasan khusus, veteran di Inggris hanya boleh menyematkan medali militer mereka di pakaian sipil. Dengan demikian, Pangeran Andrew akan mengenakan pakaian sipil selama prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II.
(cnn/isa/has/rakcer)

Sumber: