Panglima TNI Ikut Turun Tangan

Panglima TNI Ikut Turun Tangan

PEDULI. Muhammad Zulzalaly Wal Ikhrom dibawa ke Jakarta atas perintah Jenderal TNI Andika Perkasa untuk dilakukan penanganan lebih lanjut di RS TNI AL Dr Mintohardjo. FOTO: ISTIMEWA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID–Kondisi Muhammad Zulzalaly Wal Ikhrom alias Zul (8) asal Kelurahan Lemahabang, Kecamatan Indramayu mendapat perhatian khusus dari Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. 

Atas perintahnya, penanganan harus segera dilakukan untuk mengangkat kunci gembok yang bersarang di perut anak yatim tersebut.

Sesuai atensi, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) diperintahkan membawa Zul ke Jakarta secepatnya. Hal ini untuk penanganan medis lebih lanjut di RS TNI AL Dr Mintohardjo, Jakarta.

“Iya benar, (Zul, red) dibawa ke Jakarta malam ini (kemarin, red). Tadi saya dikontak Dr Ketut SpOT bahwa ada atensi dan bantuan dari Panglima TNI melalui KSAL untuk penanganan anak tersebut,” jelas Direktur RSUD Indramayu, dr Deden Bonni Koswara kepada Rakyat Cirebon, Kamis (22/9) malam.

Menurut Deden, penanganan cepat terhadap Zul tidak terlepas dari peran Bupati Indramayu, Nina Agustina. Hal ini membuka peluang Zul ditangani dengan baik dan punya harapan besar untuk bisa sembuh. 

BACA JUGA:Pasien Terhambat Kartu BPJS Kesehatan, Bocah yang Menelan Kunci Gembok Tak Kunjung Dioperasi

“Seluruh biaya yang dikeluarkan saat berobat di RSUD Indramayu karena keluarga tidak memiliki kartu BPJS, telah ditanggung semua oleh Ibu Bupati Nina,” terangnya.

Selain itu, bupati memfasilitasi seluruh keperluan Zul dan keluarga selama dalam penanganan medis di Jakarta. Adapun perjalanan ke Jakarta menggunakan ambulan dan ada perwakilan dari TNI AL. 

“Selama menjalani pengobatan di sana, akan menjadi tanggungan ibu bupati. Minta doanya agar kunci yang berada dalam perut Zul bisa diangkat sehingga Zul akan kembali normal,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kejadian yang dialami Zul terjadi pada 14 September 2022. Ketika itu ia baru saja selesai mengerjakan tugas sekolah dan bermain handphone sambil berbaring dengan posisi kunci gembok di mulut. 

Lalu tidak sengaja tertidur dan kunci pun tertelan. Ia sempat memuntahkannya, tapi tak berhasil.

BACA JUGA:Niat Usir Nyamuk, 22 Ekor Kambing Malah Terpanggang Api

Tak lama kemudian ibunya, Nina Listiana (40) yang panik langsung membawa anaknya ke klinik lalu ke RSUD Indramayu. Dari hasil pemeriksaan kuncinya sudah bersarang di lambung.

Penanganan lebih lanjut, Zul pun dirujuk ke RS Gunung Jati Cirebon. Hanya saja penanganan bocah yang berstatus yatim sejak usianya baru 7 bulan itu terkendala biaya. 

Sumber: