1 Langkah Menangkan Anies, Nasdem Kota Cirebon Bangun Komunikasi dengan Demokrat-PKS

1 Langkah Menangkan Anies, Nasdem Kota Cirebon Bangun Komunikasi  dengan Demokrat-PKS

SIAP BERGERAK. Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Cirebon, Harry Saputra Gani menyampaikan, NasDem di Kota Cirebon siap bergerak memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden 2024. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Partai Nasdem sudah mencuri start dengan mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 mendatang, Senin (3/10).

Sejalan dengan deklarasi oleh DPP NasDem tersebut, struktur partai di daerah pun menyambutnya dengan gegap gempita, termasuk di Kota Cirebon.

Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Cirebon, Harry Saputra Gani (HSG) menyampaikan, deklarasi Anies Baswedan menjadi instruksi secara langsung dari Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh untuk struktur partai di semua tingkatan.

"Instruksi khusus, sudah pasti. Semua diinstruksikan memenangkan Anies Baswedan sebagai presiden di Pemilu 2024," ungkap HSG, sapaan akrabnya kepada Rakyat Cirebon.

Saat rakernas, lanjut HSG, seluruh struktur partai diperintahkan untuk fokus terhadap tiga Bakal Calon Presiden (Bacapres), yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo serta Jenderal TNI Andika Perkasa.

Namun, ketiga nama saat ini sudah mengerucut, dan Anies Baswedan sudah dideklarasikan menjadi sosok tunggal yang akan diusung NasDem pada Pilpres 2024.

"Dari tiga nama saat Rakernas, mengerucut satu, sudah deklarasi. Sehingga kita semua tegak lurus dengan DPP," lanjut HSG.

Sebagai langkah pertama, dalam menjalankan instruksi DPP Partai NasDem pasca mendeklarasikan Anies Baswedan, dijelaskan HSG, DPD Partai NasDem Kota Cirebon akan mulai melakukan penguatan internal.

"Kita akan mulai menyosialisasikan Anies Baswedan ke masyarakat. Langkah pertama, kita akan konsolidasi ke seluruh pengurus. Mulai dari DPD, DPC, DPRT hingga saksi kita di TPS nanti. Internal dulu sampai ada instruksi selanjutnya dari DPP," jelasnya.

Ditanya mengenai apakah sudah ada instruksi dari DPP untuk struktur di daerah agar mulai membuka komunikasi khusus dengan parpol lain, terutama yang banyak diberitakan akan juga mendeklarasikan Anies Basweda sebagai capresnya, HSG pun mengatakan masih menunggu instruksi selanjutnya dari DPP.

Namun, untuk di Kota Cirebon, komunikasi eksternal dengan parpol lain sudah berjalan dengan baik. "Hubungan komunikasi secara non formal, kita dengan Demokrat dan PKS sudah terjalin baik. Komunikasi politik sudah baik, tinggal hari ini kita masif mengampanyekan pak Anies sebagai Capres NasDem. Dalam waktu dekat, kita akan konsolidasi partai, kita panggil pengurus DPD, DPC, DPRT," tegasnya.

Sedikit menceritakan, gagasan besar dalam manifesto Partai NasDem, ditambahkan HSG, gagasan besar NasDem melalui restorasi Indonesia adalah politik kesetaraan. Sehingga NasDem menganut sikap bahwa semua warga Indonesia memiliki hak yang sama, baik hak memilih maupun hak dipilih.

"Gagasan besar Ketum Surya Paloh, politik kesetaraan tanpa membeda-bedakan. Berbicara Indonesia bicara keseluruhan, dan sosok Anies dinilai merepresentasikan itu," imbuhnya.

Seperti diketahui, Partai NasDem resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pilpres 2024. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Pilihan capres NasDem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir NasDem memberikan seorang sosok Anies Baswedan," ungkap Surya Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10).

Pada kesempatan itu, Paloh turut mengungkapkan alasannya memilih Anies sebagai capres 2024. "Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya: Why not the best?" tandasnya.

Dalam deklarasi tersebut, sejumlah elite Partai NasDem tampak hadir langsung. Mereka di antaranya Prananda Surya Paloh, Rachmat Gobel, Syahrul Yasin Limpo, dan Ahmad Sahroni. (sep)

Sumber: