KNPI Harus Membumi, Jangan Sebatas Penghabis Anggaran

KNPI Harus Membumi, Jangan Sebatas Penghabis Anggaran

Aan Anwarudin (Kedua dari Kanan) terpilih jadi ketua KNPI Kab Cirebon, diharapkan bisa membawa KNPI lebih membumi. Sensitif pada persoalan umat dan tidak menjadikan organisai sebagai penghabis anggaran. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

CIREBON, RAKYATCIREBON.ID – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) jangan hanya menjadi organisasi penghambur-hambur anggaran. KNPI harus menyentuh persoalan-persoalan publik. Mulai dari persoalan masalah kepemudaan hingga masalah klasik didaerah. Seperti persoalan sampah yang bertahun-tahun tak tertangani, hingga persoalan kesenian.

"Sumber daya pemuda se-Kabupaten Cirebon dihimpun, diolah, dimenej, untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Cirebon,” kata Ketua Bidang Kajian Strategis dan Kebijakan Publik PDPM Kabupaten Cirebon, Fathan Mubarak kepada Rakyat Cirebon, Senin (28/11).

Bagi Fathan, selama ini KNPI Kabupaten Cirebon nihil dari persoalan keumatan. Visi keumatannya bernilai nol besar. Hilir-mudik KNPI serba taktis dan pragmatis. Tak mengherankan jika kantornya saja tampak kumuh seperti tak ada tanda-tanda kehidupan. Karena mungkin selama ini, kata pria yang merupakan budayawan muda itu, aktifitasnya banyak kasak kusuk di belakang.

BACA JUGA:9 Presidium KAHMI Didominasi Politisi, Cuma 1 Pengusaha

Kendati demikian, kata Fathan, ia tidak mempersoalkan betul hal tersebut, sepanjang visi-visi keumatan tadi tetap ditekuni. "KNPI lahir dari operasi intelejen. Tumbuh dan besar sebagai alat politik orde baru, tugasnya melanggengkan kekuasaan dan menyeragamkan perbedaan. Saya tidak suka. Tapi situasi terus berubah. Di tangan pemimpin yang tepat, boleh jadi kini KNPI menjadi organisasi yang menarik," katanya.

Kini, KNPI sudah memiliki pemimpin baru, usai digelarnya Musyawarah Daerah DPD KNPI Kabupaten Cirebon. Dimana Aan Anwaruddin yang juga merupakan Sekjen GP Ansor Kabupaten Cirebon, terpilih menjadi ketua KNPI Kabupaten Cirebon masa bakti 2022-2025. Ia berhasil meraih 44 suara, mengalahkan Wisnu Sentosa yang hanya mendapat 36 suara.

Terpilihnya Aan Anwarudin sebagai ketua KNPI Kabupaten Cirebon diharapkan bisa menentukan masa depan KNPI lebih membumi. Fathan pun memberikan selamat buat Aan. "Selamat buat Aan. Sebagai orang yang pernah sama-sama hidup di jalanan sebagai demonstran, saya berharap Aan dapat membawa perubahan kedepan,” pungkasnya. 

Sumber: