Siapa Pria yang Foto di Samping Kaesang? Orang Kalimantan Mengaku Bangga

Siapa Pria yang Foto di Samping Kaesang? Orang Kalimantan Mengaku Bangga

Panglima Jilah hadir pada acara pernikahan Kaesang-Erina.--

RAKYATCIREBON.ID, JOGJAKARTA - Dari banyaknya foto-foto pernikahan Kaesang-Erina yang beredar di dunia maya, ada satu foto yang membuat banyak orang bertanya. Umumnuya, komentar warganet bertanya-tanya, Siapa tamu undangan yang foto di sebelah Kaesang itu?

Mengenakan baju batik lengan panjang, datang bersama istrinya yang mengenakan baju adat suku Dayak. Orang menyebutnya sebagai Panglima. Ya orang itu Pangalangok Jilah, atau Panglima Jilah, pemimpin besar Pasukan Merah Suku Dayak.

Panglima Jilah atau Pangalangok Jilah adalah pemimpin besar Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng dari suku Dayak Kanayat. Ia berasal dari Toho Kabupaten Mempawah, tepatnya di Desa Sambora, Kalimantan Barat, Indonesia.

Pria yang seluruh badannya penuh dengan tato tersebut asli keturunan suku Dayak, lahir pada 19 Agustus 1980.

Foto-foto Panglima Jilah banyak beredar pada bulan November 2022 lalu, ketika ia mengawal kedatangan Presiden Jokowi pada acara yang digelar Pasukan Merah. 

Pada acara tersebut, Pimpinan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR), Panglima Jilah, menyatakan pihaknya siap menjaga Indonesia. Panglima Jilah juga siap mengawal Jokowi satu komando.

"Tariu Borneo Bangkule Rajakng siap jaga Indonesia. Pasukan merah kawal Pancasila, pasukan merah kawal Jokowi satu komando, pasukan merah jaga negeri," kata Panglima Jilah seperti ditayangkan di akun YouTube Setpres, Selasa (29/11/2022).

Panglima Jilah mengatakan Tariu Borneo Bangkule Rajakng merupakan salah satu organisasi masyarakat Dayak yang berfokus pada pelestarian budaya. Dia menegaskan TBBR menjadi benteng terakhir bagi masyarakat Dayak.

Komentar warga Dayak cukup positif dan bangga; iwang @IwangSkyHawk @M45Broo dan @kaesangp  Alhamdulilah trima kasih bapak jokowi dan keluarga sudah mengundang panglima kami beserta istri untuk hadir dan berfoto bersama sungguh kebahagiaan dan kehormatan buat kami...aruss ..arusss..aruss. (rakcer)

Sumber: