Dulu Bintang Voli Perempuan, Kini Aprilia Manganang Nikahi Cewek Manado

Dulu Bintang Voli Perempuan, Kini Aprilia Manganang Nikahi Cewek Manado

Aprillia Manganang dan istri, Claudya.--

RAKYATCIREBON.ID, MANADO - Aprilia Manganang sempat viral karena sebelumnya tercatat berjenis kelamin wanita. Secara sah di mata hukum, Aprilia Manganang berubah gender menjadi laki-laki dan berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang. Itu setelah permohonannya dikabulkan Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara, pada Maret 2021.

Mantan bintang voli putri itu kini menikahi perempuan Manado, pujaan hatinya, Claudya. Dia mengumumkan kabar bahagianya melalui Instagram. Pernikahan keduanya digelar di Sutan Raja Hotel, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Hari pernikahan Aprilio Manganang sama persis dengan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Sabtu (10/12/2022).

Kabar bahagia tersebut diabadikan Aprilio Manganang lewat akun Instagram pribadinya @manganang92.

Aprilio Manganang mengunggah potret dirinya dengan Claudya dengan busana bernuansa biru.

Claudya dan Aprilio Manganang tampak memamerkan cincin yang melingkar di jari manisnya. "Bebas," tulis Aprilio Manganang.

Pernikahan ini, seperti menjadi kelanjutan dari titik balik kehidupan Aprilio yang sebelumnya berstatus gender perempuan sebelum diputuskan secara legal oleh pengadilan berganti gender menjadi laki-laki.

Untuk diketahui, sebelum pengadilan memutuskan jenis kelaminnya, Aprilio menderita kelainan hipospadia serius.

Karena keterbatasan peralatan medis, Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan berdasarkan tampilan fisik.

Hingga Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI saat itu, Jenderal Andika Perkasa menjelaskan ihwal penyakit Aprilia.

Menurut Jenderal Andika, Aprilia Manganang ketika lahir tidak mendapat perawatan dan pemeriksaan lanjutan meski menderita hipospadia.

Keterbatasan ekonomi keluarga menjadi alasan utama tak ada pemeriksaan lebih lanjut.

Aprilia Manganang pun pada akhirnya tercatat sebagai perempuan di akta kelahiran maupun di kartu tanda penduduk (KTP).

Pada 3 Februari 2021, Aprilia menjalani pemeriksaan medis pertama.

Hal ini dilatarbelakangi oleh kejanggalan dalam kondisi fisik Aprilia Manganang yang ditemukan Andika Perkasa dan pejabat lain di TNI.

Andika Perkasa kemudian memanggil Aprilia Manganang ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di RSPAD Gatot Subroto.

Dipastikan laki-laki Hasil pemeriksaan medis menunjukkan Aprilia Manganang lebih memiliki organ tubuh laki-laki.

Tidak hanya itu, kadar hormon testosteron yang identik dengan laki-laki juga ditemukan lebih tinggi di tubuh Aprilia Manganang. Dengan hasil tersebut, maka Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin laki-laki.

Hasil pemeriksaan itu kemudian membuat Andika Perkasa menawarkan Aprilia Manganang naik meja operasi (correction surgery).

"Aprilia Manganang bukan trans gender. Bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya," ujar Andika Perkasa.

"Aprilia Manganang menderita kelainan hipospadia. Jadi, selalu kembalikan ke situ," sambungnya. (bs-sam/fajar/rakcer)

Sumber: