Sambutan Menag Dianggap Sindir Anies, Carilah Pemimpin yang Menghargai Keragaman

Sambutan Menag Dianggap Sindir Anies, Carilah Pemimpin yang Menghargai Keragaman

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA  - Sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada malam Natal di kompleks gereja Santo Yoseph Naikoten, Kupang, Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (24/12/2022) malam ditanggapi dengan sangat reaktif oleh kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Umar Hasibuan.

Dalam kesempatan itu, Yaqut meminta agar umat Kristiani tidak terlalu menguras energi untuk urusan politik.

Bukan hanya itu, Yaqut juga sempat menyinggung perihal pentingnya mencari pemimpin yang mampu menghargai keragaman suku, agama, dan budaya di Indonesia.

"Cari, kalau mau memilih pemimpin negeri ini, cari pemimpin yang benar-benar menghargai keragaman yang dimiliki negeri ini," tegas Yaqut dalam sambutannya.

Menanggapi pesan tersebut, Umar meminta Yaqut untuk tidak bertindak berlebihan alias lebay.

Pasalnya, Umar menilai Yaqut tengah menyindir Bakal Calon Presiden 2024 dari Partai NasDem, Anies Baswedan, meskipun nama itu tak disebutkan di sambutan sang menteri.

"Jangan lebay. Semua pemimpin di negara ini menghargai perbedaan," kritik Umar yang menilai bahwa bangsa Indonesia dilahirkan untuk aktif menjaga toleransi.

"Kalau mau sindir Anies sebut nama saja, gak usah spin sana sini," sambung Umar, seperti dikutip dari Twitter-nya @UmarHasibuan77, Minggu (25/12/2022).

Sejatinya, Yaqut tidak menyebutkan nama Anies dalam sambutannya. Namun, topik toleransi yang masih erat berkaitan dengan politik identitas seolah tidak bisa lepas dari sosok Anies.

Bahkan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sampai disebut sebagai Bapak Politik Identitas, julukan yang belakangan coba ditepis oleh Partai NasDem.(wartaekonomi/fajar/rakcer)

Sumber: