Biasakan Konsumsi Tomat, Manfaatnya Luar Biasa untuk Jantung...

Biasakan Konsumsi Tomat, Manfaatnya Luar Biasa untuk Jantung...

Tomat--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - APAKAH Anda suka mengonsumsi Tomat? Tomat merupakan buah yang sering dianggap sebagai sayuran. Tomat terdiri dari beberapa warna. Ada yang merah, ada juga tomat dengan warna hijau dan kuning. Tomat juga bisa diolah dalam berbagai hidangan, baik gurih dan manis.

Namun, manfaat tomat tidak hanya itu saja. Tomat juga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bisa membantu mengatasi penyakit kronis ini. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga kesehatan jantung
Sebuah penelitian dalam European Journal of Public Health menyebutkan bahwa kandungan likopen dan beta-karoten dalam tubuh bisa memengaruhi risiko terhadap serangan jantung.

Anda Makin rendah kadar likopen dan beta-karoten, makin tinggi risiko kamu mengalami serangan jantung. Oleh sebab itu, mengonsumsi buah tomat yang kaya akan likopen dan beta-karoten bisa memberikan manfaat untuk menekan risiko mengalami salah satu penyakit jantung yang mematikan tersebut. Ada beberapa manfaat tomat yang terny
 
2. Mencegah kanker
Selain buah jeruk, ternyata tomat termasuk salah satu buah terbaik sebagai sumber vitamin C dan antioksidan.
Kandungan nutrisi yang melimpah dalam buah tomat ini memberikan manfaat dalam melawan pembentukan radikal bebas penyebab penyakit kronis kanker.

Tak hanya itu, kandungan beta-karotene dalam tomat juga memiliki manfaat untuk mencegah pembentukan tumor pada penderita kanker prostat.
Hal ini telah terbukti melalui penelitian pada tahun 2016 dalam jurnal berjudul Molecular Cancer Research.

3. Mengatasi diabetes
Salah satu manfaat tomat yang bisa kamu dapatkan adalah membantu mengatasi penyakit diabetes. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa pasien diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan kaya serat mengalami penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Sementara itu, pasien diabetes tipe 2 juga mengalami penurunan pada kadar gula darah hingga kadar lemak dalam tubuh. Oleh sebab itu, tak heran jika buah tomat bisa membantu mengatasi penyakit diabetes, karena dalam secangkir buah tomat, terdapat 2 gram serat.(genpi/jpnn/rakcer)

Sumber: