STIKes Berubah Jadi ITEKes Mahardika, Tak Melulu Bidang Kesehatan, Ada juga Teknologi Informasi

STIKes Berubah Jadi ITEKes Mahardika, Tak Melulu Bidang Kesehatan, Ada juga Teknologi Informasi

Ketua YPI Mahardika, Drs H Hediyana Yusuf MM, Rektor ITEKes Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani SKM MHKes beserta perwakilan LLDIKTI Wilayah IV menghitung mundur launching perubahan bentuk dari STIKes menjadi ITEKes, Kamis (23/02). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Setelah SK perubahan bentuk, dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) menjadi Institut Teknologi dan Kesehatan (ITEKes) Mahardika diterima pada 18 Januari 2023 lalu, Kamis (23/02) secara resmi, ITEKes Mahardika menyelenggarakan Grand Launching, bertempat di Auditorium kampus setempat.

Dihadiri oleh Forkopimda Kota Cirebon, serta seluruh stake holder perguruan tinggi, hingga mitranya di sektor kesehatan, mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit, Grand Launching ITEKes Mahardika berlangsung meriah.

Rektor ITEKes Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani SKM MH Kes menyampaikan, peningkatan dari sekolah tinggi menjadi Institut ini, adalah sebuah kebanggaan, sekaligus kepercayaan, dimana saat ini, ITEKes Mahardika tak hanya melahirkan lulusan ahli kesehatan, melainkan juga ahli teknologi.

"Kita mengembangkan ke sektor teknologi, ada prodi teknik informatika," ungkap Yani.

Dengan bentuk baru ITEKes ini, kata Yani, Mahardika tetap mengedepankan tagline "TETAP BEDA" yang merupakan cerminan dari pribadi yang Terampil, Tanggap, Peduli, Berbudaya, Dinamis dan Agamis.

"ITEKes 'TETAP BEDA', setelah ini kami akan mulai dengan sosialisasi dan penguatan internal, karena perubahan ini akan berdampak pada berubahnya perangkat, aturan, termasuk data, seperti akun-akun Dikti. Jadi Migrasi data perlu kita lakukan setelah ini. Kami berharap, perubahan ITEKes ini harus lebih bermanfaat untuk masyarakat, ada sektor pengabdian masyarakat yang harus kami tingkatkan," tutur Yani.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pengembangan Ilmu (YPI) Mahardika, Drs H Hediyana Yusuf MM menambahkan, sebagai yayasan yang menaungi ITEKes, dengan perubahan bentuk menjadi ITEKes ini, pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas SDM, agar bisa mengelola lembaga menjadi lembaga yang maju dan modern.

"Dari segi SDM, Insya Allah akan lebih ditingkatkan. Mahasiswa, dosen hingga seluruh Civitas Akademika. Adanya penambahan di bidang Teknologi Informatika ini, diharapkan bisa memberikan kolaborasi baru dengan bidang kesehatan," ucap Hediyana.

Tak hanya di sektor SDM, kata Hediyana, saat ini, pihak Yayasan juga terus membangun fasilitas untuk menunjang pembelajaran di ITEKes Mahardika, termasuk beberapa waktu kedepan akan menambah prodi baru di bidang Teknik Arsitektur.

"Tahun depan, kita juga akan tambah prodi, mungkin ke teknik arsitektur. Untuk fasilitas, kita sedang bangun kampus 2, mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa digunakan untuk perkuliahan. Mohon doa juga, kita bisa membangun Rumah Sakit untuk kepentingan masyarakat lebih luas," imbuh Hediyana.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Agus Mulyadi, yang hadir atasnama Pemkot, menyampaikan selamat atas perubahan STIKes Mahardika menjadi ITEKes.

"Kami mengapresiasi pengembangan dan pembangunan kampus, yang terus dilakukan ITEKes Mahardika. Insya Allah, dukungan dari Pemkot, akan mendukung dan memfasilitasi apapun yang diperlukan," kata Agus. (sep)

Sumber: