Panwascam Kab Cirebon Teken Pernyataan Ciptakan Pemilu Berintegritas

Panwascam Kab Cirebon Teken Pernyataan Ciptakan Pemilu Berintegritas

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon, Abdul Khoir saat menandatangani pakta integritas. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cirebon berkomitmen menciptakan pemilu berintegritas.

Guna menciptakan penyelenggara pemilu berintegritas tinggi, Bawaslu Kabupaten Cirebon mengadakan kegiatan penandatanganan pakta integritas Panwascam se Kabupaten Cirebon.

Ketua Bawaslu Kabupaten Cirebon Abdul Khoir mengatakan penandatanganan pakta integritas baik komisioner panwascam dan juga Kordinator Sekretaris (Korsek) adalah salah satu upaya Bawaslu Kabupaten Cirebon untuk memastikan kalau komisioner Panwascam dan juga Korsek.

"Penyelenggara Pemilu yang berintegritas adalah orang yang memiliki kejujuran, transparan, akuntabel, cermat dan akurat dalam melaksanakan tugas dan kewenangannya," ujar Khoir.

Integritas penyelenggara menjadi sangat penting. Menjadi salah satu tolak ukur terciptanya pemilu demokratis. Pasalnya pakta integritas adalah pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi, tanggung jawab, wewenang dan peran.

"Saat ini tahapan Pemilu sudah mulai cukup padat, untuk itu demi menjaga integritas dari penyelenggara pemilu dirasa perlu untuk dilakukan penandatanganan ini karena tujuannya adalah untuk menjaga integritas Panwaslu," katanya.

Panwascam menurut Khoir merupakan salah satu penyelenggara pemilu yang langsung dibawah Bawaslu Kabupaten Cirebon. Oleh karenanya Panwascam juga memiliki beberapa kewajiban untuk menjaga tugas dengan baik.

"Panwascam memiliki tugas salah satunya adalah mengidentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran Pemilu di wilayah kecamatan," katanya.

Selain itu lanjut Khoir, Panwascam juga memiliki tugas untuk melakukan kordinasi, supervisi, membimbing, memantau, dan mengevaluasi Penyelenggaraan Pemilu di wilayah kecamatan.

Adanya penandatanganan pakta integritas ini diharapkan jajaran Panwascam dan juga Korsek ini penyelenggara pemilu khususnya Panwascam bisa lebih memiliki integritas yang baik.

"Sehingga pada akhirnya nanti dapat bekerja dengan baik demi kesuksesan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (zen)

Sumber: