Sejarah Singkat PO Bus di Jawa Barat, Muncul Nama ‘Sahabat’ karena Sempat Ada Perpecahan

Sejarah Singkat PO Bus di Jawa Barat, Muncul Nama ‘Sahabat’ karena Sempat Ada Perpecahan

--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Masyarakat Jawa Barat melekat dengan nama-nama PO Bus. Aktifitas mereka khususnya untuk angkutan saat bepergian ke luar kota cukup bergantung pada armada bus yang ada di jalanan.

Banyak PO Bus legendaris di Jawa Barat yang dikenalnya,  terlebih di jalur Pantura. Beberapa di antara dari PO Bus tersebut sudah sangat melekat di hati para busmania dan juga masyarakat awam. Berikut  5 PO Bus  legendaris yang sudah dikenal karena merajai jalanan di Jawa Barat: 

1. PO Bus Sinar Jaya

PO Bus legendaris di Jawa Barat pertama ada Sinar Jaya yang berada dalam naungan PT Sinar Jaya Megah Langgeng. Perusahaan otobus ini berasal dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dan menjadi salah satu perusahaan otobus tertua yang sudah ada sejak 1982.

Sinar Jaya pernah masuk rekor Muri sebagai PO yang mendapat penghargaan terbanyak dibanding dengan para kompetitornya. Sinar jaya memiliki beberapa kelas armada dari non AC hingga kelas eksekutif.

 

2. PO Bus Luragung Jaya

PO Bus legendaris di Jawa Barat kedua ada Luragung Jaya yang berasal dari kabupaten Kuningan. PO bus yang satu ini sering dijuluki sebagai penguasa jalur Pantura. Ini karena Luragung Jaya terkenal memiliki hobi ngeblong terutama pada 2015 ke bawah. Hampir semua warga Jawa Barat pasti mengetahui jika ditanya tentang Luragung Jaya ini.

 

3. PO Bus Sahabat

Selanjutnya ada PO Bus Sahabat. Awalnya bus ini bernama Pedoman yang didirikan oleh Bapak Ade Wiyana di Cirebon pada awal 1970, dan kemudian berganti nama menjadi Kesatuan. Setelah memakai nama Kesatuan, terjadi perpecahan dalam manajemen.

Sehingga melahirkan PO baru dengan nama Sahabat. Selain itu muncul juga PO Bhineka dari perpecahan tersebut.

 

4. PO Bus Lorena & Karina

PO Bus legendaris di Jawa Barat yang lainnya ada Lorena & Karina yang mulai beroperasi sejak tahun 1973. Di awal berdirinya, Lorena & Karina hanya memiliki dua armada bus dengan rute jarak pendek yaitu Bogor-Jakarta PP.

Seiring dengan kesuksesannya, Lorena & Karina terus melebarkan sayap dengan membuka trayek yang lebih jauh lagi yaitu dari Jakarta hingga Bali.

 

5. PO Bus Merdeka

PO Bus legendaris di Jawa Barat yang terakhir ada PO Bus Merdeka. Perusahaan oto bus yang satu ini berasal dari Kota Ciamis dan didirikan pertama kali pada 1970-an oleh H. Idris Suherman.

Pada kurun waktu 1970-1990, lini bisnis Merdeka berkembang hingga memiliki 200 unit bus. Selain melayani tranportasi bus AKAP, Merdeka juga membuka jasa bus pariwisata. (*)

Sumber: