KEAJAIBAN 5 Wisata Alam di Sumedang, Situ Cilembang Airnya Bisa Langsung Diminum

KEAJAIBAN 5 Wisata Alam di Sumedang, Situ Cilembang Airnya Bisa Langsung Diminum

Danau Situ Cilembang, Sumedang, Jawa Barat.--

RAKYATCIREBON.ID, SUMEDANG - Sumedang seperti yang banyak masyarakat tahu memiliki makanan khas nya yaitu tahu. Namun, Sumedang juga memiliki banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kabupaten di Jawa Barat ini berada di dekat pegunungan sehingga membuat Sumedang terasa adem dan menyegarkan. Dengan begitu tidak perlu jauh-jauh, pergi tempat wisata Sumedang yang dekat pastinya cocok dijadikan tempat untuk liburan.

Destinasi wisata Sumedang begitu banyak jika ditelusuri, ditambah budaya Sumedang yang terkenal dan masih melekat di masyarakat sekitar. Wisata yang beragam bisa Anda pilih seperti pemandangan alam, danau, puncak, museum sampai air terjun.

Lalu ada wisata apa saja yang Sumedang punya? 

1. Wisata Alam Panjugjugan

Pertama ke wisata dengan pemandangan alam yang memukau yaitu di Panjugjugan, tepat lokasinya berada di Kampung Babakan Anjun, Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Wisata satu ini super keren dijamin gak akan bosen sampai disana karena banyak destinasi didalamnya yang bisa Anda jelajahi. Akan sangat seru jika kamu datang ramai-ramai bersama bestie atau keluarga.

Wajib jelajahi berbagai macam aktivitas seru, salah satu yang paling spektakuler disana ada permainan flying fox yang bisa menantang Anda dan menyenangkan. Jelajahi juga dengan ceria bersama berkeliling naik perahu, berenang, terdapat permainan tradisional yang bisa dimainkan dengan seru, dan ada terapi di kolam ikan.

Harga tiket menyesuaikan dengan tiket yang Anda ambil dan jangan risau karena masih terjangkau.

Berlibur ke wisata Alam Panjugjugan kapan saja karena buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

2. Danau Situ Cilembang

Selanjutnya menyusuri destinasi wisata mata air, ada di Danau Situ Cilembang. Danau satu ini menarik untuk dikunjungi karena pemandangan alam yang begitu sejuk membawa suasana yang menentramkan.

Jika dilihat airnya begitu jernih dan segar. Ajaibnya air danau Situ Cilembang biasa untuk minum masyarakat sekitar sehingga pengunjung dilarang mandi di danau. Pengunjung wajib menjaga kebersihan dengan tidak mengotori tempat sekitar.

Sangat cocok ngadem bareng di Danau Situ Cilembang yang lokasinya berada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang Jawa Barat.

Bagi kamu gratisan cocok memilih wisata air ini karena tidak ada tiket masuk hanya ada biaya parkir untuk keamanan kendaraan pengunjung Rp.3.000

3. Puncak Damar Baros

Bagi Anda yang menyukai tantangan dan ketinggian dengan pemandangan alam yang mempesona, dang ke destinasi wisata Sumedang yang dekat di Puncak Damar Baros bisa menjadi pilihnan untuk berlibur.
 
Berbagai aktivitas bisa dilakukan karena fasilitasnya banyak seperti tempat bermain anak, outbond dan bisa ajak kerabat untuk camping. Fasilitas lainnya menjadi pendukung terdapat gazebo untuk santai, menyantap makan atau sekedar tempat berbincang hangat.
 
Pecinta selfie atau fotoghrafi biasanya memanfaatkan momen keren karena tempatnya indah ditambah spot foto kece menjadi betah dan puas berlibur di Puncak Damar Baros.

4. Museum Prabu Geusan Ulun

Wisata satu ini berbeda bukan wisata alam pada umumnya namun bermanfaat untuk mengedukasi pengetahuan. Museum Prabu Ulun merupakan objek wisata nuansa budaya, sejarah sehingga cocok menambah ilmu yang ada di museum.

Berawal dari tempat penghuninya bupati beserta kerabatnya yang kini menjadi tempat wisata.

Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan yang masih berdiri kokoh seperti Ruang Srimanganti, Ruang Bumi Kaler, Ruang Bumi Gendeng, Gedung Gamelan dan Gedung Pusaka Khusus.

Alamat Museum Prabu Geusan Ulun di Jalan Prabu Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Tiket masuknya murah meriah cukup membayar Rp. 3.000 untuk orang dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak kecil serta Rp10.000 bagi wisatawan asing.

Kunjungi di hari Senin sampat Minggu pada pukul 08.00-16.00 WIB.

5. Air Terjun Kembar Curug Cinulang

Desnitasi wisata lainya yang menjadi peminat wisatawan adalah air terjun. Tempatnya menyegarkan dan memanjakan mata melihat pemandangan sekitar yang apik.  Air Terjun Kembar Curug Cinulang begitu terkenal di Sumedang.

Tidak akan bosan menikmati segarnya air terjun jernih yang ketinggiannya sekitar 50 meter. Rasakan serunya bermain air bersama kawan-kawan akan menghilangkan pikiran dan badan yang lelah.

Sesuai namanya Air Terjun Kembar karena terdapat dua air terjun yang berdampingan dengan indah dan berada di Desa Sindulang.

Alamat lengkapnya di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang,Cimanggung,Sumedang,Jawa Barat, 45364.
 
Jadwalkan liburan ke wisata ini dengan tiket masih relatif murah hanya Rp. 10.000. Buka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Ngga perlu jauh-jauh dan biking cari destinasi wisata di Sumedang yang dekat. Referensi diatas bisa menjadi pilihan yang cocok.(*)

Sumber: