Partai Demokrat Isi Penuh Bacaleg di Semua Tingkatan, Daerah sampai Pusat

Partai Demokrat Isi Penuh Bacaleg di Semua Tingkatan, Daerah sampai Pusat

Menutup pendaftaran partai yang diawali oleh DPC dan DPD secara serentak, DPP Partai Demokrat mengajukan bacaleg DPR-RI di tanggal 14 Mei pukul 14.00 WIB. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Masa tahapan pengajuan bakal calon anggota DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota/ Kabupaten oleh parpol peserta Pemilu 2024 sudah berakhir sampai hari Minggu (14/05) pukul 23.59 WIB.

Di semua tingkatan, baik untuk Bacaleg DPR-RI, DPRD Provinsi maupun untuk DPRD Kota/ Kabupaten, kader terbaik parpol sudah diajukan untuk bisa berkompetisi merebut suara, dan meraih kursi pada 14 Februari 2024 mendatang.

Sampai hari terakhir tahap pengajuan, Minggu (14/05) kemarin, partai Demokrat, menjadi salahsatu parpol peserta Pemilu yang sudah mengajukan bacaleg secara maksimal di semua tingkatan.

Meskipun di Kota Cirebon, partai Demokrat mengajukan bacalegnya di tanggal 11 Mei, tepat pukul 14.00 WIB, di tingkat pusat, DPP Partai Demokrat mendaftarkan bacaleg untuk DPR-RI pada hari terakhir.

Tepat pukul 14.00 WIB, dipimpin langsung ketua umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Partai Demokrat tiba di kantor KPU RI untuk mendaftarkan bacaleg DPR-RI.

Tanggal 14, pukul 14.00 WIB, sepertinya sengaja dipilih karena angka tersebut sesuai dengan nomor urut Partai Demokrat, dimana Bacaleg Partai Demokrat DPR-RI, untuk bertarung di 84 Dapil, diajukan full 580 nama, mereka diantar oleh ribuan kader partai berlambang mercy tersebut ke KPU.

Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron hadir langsung mendampingi Ketua Umum mengajukan nama-nama bacaleg ke KPU.

Sebagai kepala BPOKK, Kang Hero, sapaan akrabnya, memastikan bahwa Partai Demokrat mengajukan bacalegnya secara maksimal di seluruh daerah, dan semua tingkatan.

"Alhamdulillah pendaftaran bacaleg Partai Demokrat berlangsung lancar, dan Ketua Umum optimis bisa mencapai target 15 persen perolehan kursi di DPR-RI, dan tentu kemenangan diseluruh dapil DPRD Provinsi, serta Kota Kabupaten," ungkap Kang Hero.

Tahapan pengajuan nama-nama bacaleg ke KPU ini, lanjut Hero, merupakan rangkaian puncak dari penjaringan bacaleg, yang serentak dilakukan disemua tingkatan, mulai dari proses seleksi, penempatan dapil, sampai penyerahan berkas daftar calon sementara anggota legislatif di seluruh KPUdi daerah untuk bacaleg DPRD, serta di KPU RI untuk bacaleg DPR-RI.

Pengajuan bacaleg untuk DPR-RI tersebut, kata Hero, juga merupakan puncak pendaftaran yang dilakukan, setelah sebelumnya, secara serentak pengajuan bacaleg dilakukan oleh masing-masing tingkatan partai, baik ditingkat DPC kepada KPU Kabupaten/Kota, maupun DPD Partai Demokrat kepada KPU Provinsi.

"Partai Demokrat memohon do'a restu kepada seluruh rakyat Indonesia, kami akan melanjutkan kerja politik sebagai pejuang harapan dan aspirasi rakyat, serta melakukan perubahan dan perbaikan bangsa kearah yang lebih baik," kata Hero. (sep)

Sumber: