Menkumham Berhasil Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022

Menkumham Berhasil Raih Penghargaan Kinerja Anggaran Terbaik Tahun 2022

Menkumham Yasonna H Laoly berhasil meraih penghargaan atas kinerja anggaran terbaik tahun 2022.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Dalam Rakornas Pelaksanaan Anggaran Tahun 2023 yang berlangsung di Jakarta, Rabu (17/5/2023), Menkumham Yasonna H Laoly berhasil meraih penghargaan atas kinerja anggaran terbaik tahun 2022.

Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada Yasonna H Laoly.

Dari hasil penghargaan yang mampu di raih itu, diketahui Kemenkumham berhasil menduduki urutan kedua setelah Kementerian Keuangan dalam kategori Kementerian dan Lembaga pagu besar.

Pada kesempatan itu, Yasonna menyampaikan akan terus berusaha meningkatkan kualitas belanja negara guna mempercepat pemulihan ekonomi.

"Penghargaan kinerja anggaran terbaik menunjukkan tata kelola anggaran Kemenkumham yang semakin baik dari waktu ke waktu, serta terfokus untuk pelayanan kepada masyarakat dan juga harus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Yasonna.

Tentunya sambung Yasonna, penghargaan ini tidak lepas dari kerja keras seluruh pihak di Kemenkumham yang telah berhasil melakukan pengelolaan anggaran yang berkualitas dan jauh dari penyimpangan.

Adapun penilaian terhadap kinerja anggaran K/L merupakan gabungan dari Evaluasi Kinerja Anggaran dan nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran, yang terdiri dari 3 aspek (Kualitas Perencanaan Anggaran, Kualitas Pelaksanaan Anggaran dan Kualitas Hasil Pelaksanaan Anggaran) dan 8 indikator. Kemenkumham mendapatkan penghargaan pada kategori pagu besar bersama Kementerian Keuangan dan Kepolisian RI.

"Kemenkumham terus berkoordinasi dengan Kemenkeu guna meningkatkan aspek-aspek kinerja anggaran. Menkumham berharap pemberian penghargaan kinerja anggaran terbaik dapat mendorong semua K/L untuk mengelola APBN sesuai peruntukkanya demi Indonesia yang lebih maju dan makmur," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil Kumham Jabar, R. Andika Dwi Prasetya telah mengintruksikan seluruh jajaran di Jabar untuk berkomitmen mendukung program Kementerian khususnya dalam tata kelola anggaran di seluruh jajaran Kanwil Jabar, ujarnya kepada zonabandung.com via telepon, Rabu, 17 Mei 2023.

Di Jabar sendiri, kata Andika telah melakukan penyerapan anggaran sesuai aturan, transparan dan akuntable, tandasnya.(*)

Sumber: