Semua Komisioner Bawaslu Kota Cirebon Ikut Seleksi Lagi, Pak Ketua Daftar Terakhir

Semua Komisioner Bawaslu Kota Cirebon Ikut Seleksi Lagi, Pak Ketua Daftar Terakhir

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, M Joharudin saat mengupload berkas persyaratan di sekretariat timsel di hari terakhir pendaftaran. Tiga incumbent Bawaslu Kota Cirebon semua sudah daftar ikut seleksi. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KEJAKSAN - Rabu, tanggal 07 Juni  adalah hari terakhir pendaftaran calon anggota Bawaslu Kota dan Kabupaten, termasuk untuk timsel wilayah III yang meliputi Kota dan Kabupaten Cirebon, Kuningan, Majalengka dan Indramayu.

Untuk di Kota Cirebon, dari informasi yang diperoleh Rakyat Cirebon, tiga incumbent komisioner Bawaslu kembali ikut mendaftar untuk periode kedua mereka.

Ketiganya pun sudah mendaftar untuk ikut bersaing dalam seleksi bersama para pendaftar lainnya.

Ketua Bawaslu Kota Cirebon, M Joharudin, mendaftar di Sekretariat timsel di Ruang Ruby, hotel Zamrud pada last minute, hari terakhir, Rabu (07/06).

Dari pantauan Rakyat Cirebon, Rabu. ia terlihat serius mengisi.form online dan mengupload persyaratan-persyaratan di sekretarian timsel bersama pendaftar lainnya.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Anggota Bawaslu Kota Cirebon, Supriyan pun menyatakan bahwa dirinya kembali ikut seleksi, dimana ia sudah merampungkan pendaftaran beberapa hari lalu.

"Iya mas ikut, saya sudah daftar tanggal 5 Juni," ungkap Supriyan.

Terpisah, diluar dugaan, komisioner Bawaslu Kota Cirebon lainnya, Devi Siti Sihatul Afiah juga ternyata ikut mendaftar pada seleksi Bawaslu untuk Kota Cirebon.

Padahal, sebelumnya ia ikut dalam seleksi Bawaslu Provinsi Jawa Barat, dan bahkan namanya sudah masuk dalam 14 besar, atau dua kali angka kebutuhan untuk komisioner Bawaslu Provinsi, yang sudah dilaporkan oleh timsel kepada Bawaslu RI, dan tinggal menunggu penetapan saja.

"Insya Allah ikut daftar, ini sedang on proses," ucap Devi saat dikonfrimasi, Rabu siang.

Sebagaimana diketahui, untuk tahapan seleksi anggota Bawaslu, pendaftaran dibuka sejak tanggal 29 Mei sampai tanggal 07 Juni.

Setelah tahap pendaftaran selesai tanggal 07 Juni ini, tahap seleksi akan dilanjut dengan tahap perbaikan berkas persyaratan, yang akan berlangsung tanggal 08 sampai 10 Juni mendatang, dilanjut dengan tahap pengumuman masa perpanjangan tanggal 12 Juni.

Setelah diumumkan, tahapan akan dilanjut dengan tahap perpanjangan masa pendaftaran pada tanggal 13 sampai 15 Juni, baru setelah itu, tanggal 16 sampai 19 Juni masuk tahap penelitian dan verifikasi berkas, dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 20 Juni. (sep)

Sumber: