11 Juli 2023 Cisumdawu akan Diresmikan Presiden Jokowi, Bandung - Majalengka Kini Kurang dari Satu Jam!

11 Juli 2023 Cisumdawu akan Diresmikan Presiden Jokowi, Bandung - Majalengka Kini Kurang dari Satu Jam!

--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA  - Info terbaru seputar peresmian Tol Cisumdawu yang akan dilakukan oleh Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi), Selasa, 11, Juli 2023.

Informasi yang dihimpun radarcirebon.com, rapat persiapan terkait rencana peresmian Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sudah dilaksanakan.

Direncanakan agenda peresmian Jalan Tol Cisumdawu akan mengawali rangkaian kegiatan Presiden Jokowi di Jawa Barat pada Selasa - Rabu (11-23, Juli 2023).

Rencananya, kepala negara akan mengawali kunjungan dengan penerbangan dari Bandara Halim Perdana Kusumah Jakarta Timur menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Penerbangan ke Majalengka diperkirakan memakan waktu 1 jam. Lalu Presiden Jokowi akan meninjau Bandara Kertajati sebelum melanjutkan perjalanan darat via Tol Cisumdawu.

Peresmian rencananya akan dilaksanakan di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama, Kabupaten Sumedang. Lalu Presiden akan berkunjung ke Pasar Ujung Jaya, dilanjutkan penyerahan BLT (Bantuan Langsung Tunai) ke masyarakat di kantor Desa Ujung Jaya.

Rangkaian agenda presiden akan berlanjut di Kabupaten Sumedang. Rencananya akan mengunjungi RM Tahu Bungkeng dengan perjalanan via Tol Cisumdawu.

Agenda selanjutnya presiden akan lebih banyak di Bandung, misalnya peninjauan Stadion Jalak Harupat, Pasar Rakyat Soreang untuk pembagian BLT.

Rangkaian agenda presiden ini, kabarnya sedang dalam persiapan. Bahkan tim advance pada Sabtu, 8, Juli 2023 sudah melaksanakan peninjauan dan survei menuju ke titik tempat acara yang dipersiapkan.

Seperti diketahui, secara keseluruhan progres Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai 100 persen dan siap dilintasi kendaraan.

Akan tetapi tetap menunggu instruksi dari PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku pengelola. Sekaligus keputusan dari Kementerian PUPR.

Jalan Tol Cisumdawu memiliki total panjang 62 kilometer. Perjalanan dari Cileunyi sampai ke Dawuan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam dengan kecepatan rata-rata 80-an kilometer.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Cisumdawu mengalami progres signifikan di tengah kondisi alam yang sangat menantang dan pembebasan lahan.

Berkali-kali pada beberapa ruas terjadi longsor baik tebing maupun urugan. Kemudian harus menggunakan teknologi seperti geofoam EPS, yang diterapkan pada jalan di Desa Cipamekar.

Geofoam EPS adalah material pengisi yang sangat ringan kurang dari 1 persen bobot tanah. Sehingga cocok dipakai pada daerah yang membutuhkan timbunan dengan volume besar, material ini bisa menjadi alternatif.

Berdasarkan publikasi video PT Adhi Karya pada Seksi 5A STA 39+50 sampai 46+500, terlihat seluruh ruas jalan sudah selesai 100 persen dan tinggal menunggu waktu dapat dioperasikan.

Seperti diketahui,Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil, sempat menginformasikan bahwa akses jalan bebas hambatan sepanjang 61,75 kilometer ini, bakal diresmikan Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi). “Sudah beres, tinggal cari tanggal peresmian,” kata Ridwan Kamil di Bandung.

Menurutnya, pada Agustus nanti ada dua infrastruktur besar alias mega proyek di Jawa Barat yang akan beroperasi yakni kereta cepat dan Tol Cisumdawu.

“Ada dua infrastuktur besar yang dalam waktu bersamaan di Agustus, ada KCIC dan Cisumdawu. Tinggal apakah di dua peristiwakan atau di satu peristiwa kami enggak tahu. Itu level Presiden (yang meresmikan),” ujarnya.(*)

Sumber: