Jalan Tol Cisumdawu akan Diresmikan 11 Juli, Ini Sejumlah Pekerjaan yang Belum Rampung

Jalan Tol Cisumdawu akan Diresmikan 11 Juli, Ini Sejumlah Pekerjaan yang Belum Rampung

--

RAKYATCIREBON.ID, MAJALENGKA - Tol Cisumdawu akan diresmikan Presiden RI, Ir Joko Widodo (Jokowi) dengan agenda pada Selasa, 11, Juli 2023.

Sesuai dengan agenda yang sudah disusun, selain peresmian dari Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan, presiden juga akan melakoni sejumlah kegiatan di Majalengka, Sumedang dan Bandung.

Di tengah rencana itu, muncul dua pertanyaan penting. Pertama, apakah Jalan Tol Cisumdawu langsung dioperasikan fungsional pada Seksi 4 sampai dengan 6.

Kedua, apakah presiden hanya akan meresmikan dan penggunaan dari jalan tol penghubung Bandung – Kertajati itu, dan operasionaolnya baru pada Agustus.

Hal ini berkenaan dengan masih adanya pembangunan yang belum selesai di Ruas Seksi 4B Kecamatan Paseh.

Dari pantauan visual radarcirebon.com, terlihat masih ada beberapa pekerjaan yang belum diselesaikan yakni:

Penyelesaian Interchange Legok – Paseh berikut dengan penguatan lereng dan main road

Pembuatan akses jalan atau main road dari GTO Paseh ke arah Kertajati

Akses jalan dari Interchange Legok ke GTO Paseh

Finishing Gerbang Tol Paseh

Penyelesaian 2 overpass di Desa Bongkok, Kecamatan Paseh yang merupakan akses jalan warga

Melihat perkembangan konstruksi di lokasi, pekerjaan nampak sedang difokuskan pada penyelesaian akses dari arah GTO Paseh menuju Kertajati.

Kendati demikian, pekerjaan di Seksi 4B ini tentu tidak berpengaruh kalau jalan tol ini dioperasikan, karena main road sudah terhubung dari Cileunyi smpai dengan Kertajati.

Adapun kewenangan dari operasional ini, bergantung pada keputusan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)  dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) selaku operator.

“Kita-kira ada apa ya? Coming soon on July,” tulis keterangan PT CJKT menjelang peresmian sembari mengunggah beberapa kondisi terkini dari Jalan Tol Cisumdawu.

Persiapan Pembukaan Tol Cisumdawu

Sementara itu, berkaitan dengan rencana operasional tim dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) dan PT CKJT nampak melakukan pemantauan jalan di sekitar Junction Dawuan, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Tim dari Kementerian PUPR dan PT CKJT nampak masuk dari Km 152 Junction Dawuan dari arah Jakarta, kemudian mengarah ke Gerbang Tol Ujung Jaya Utama.

Dari arah gerbang tol ini, kemudian putar balik ke arah akses masuk atau ramp out yang terhubung ke Tol Cipali dari arah Cirebon.

Belum diketahui agenda dari Kementerian PUPR dan PT CKJT berkaitan pemantauan tersebut. Apakah berhubungan dengan peresmian atau tidak.

Namun di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama nampak sudah dibangun tenda yang diperkirakan bagian dari persiapan peresmian.

Seperti diketahui, pada informasi yang diterima bahwa Presiden RI, Ir Joko Widodo akan melakukan perjalanan udara dari Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka.

Di bandara tersebut, presiden akan melakukan peninjauan dan dilanjutkan perjalanan darat ke Gerbang Tol Cisumdawu dan melakukan peresmian.

Setelah itu, presiden juga akan meninjau sekaligus membagikan bantuan langsung tunai (BLT) di Pasar Ujung Jaya dan lanjut ke RM Tahu Bungkeng Sumedang.

Agenda lainnya adalah meninjau Stadion Jalak Harupat di Bandung dan setelah itu, kembali ke Jakarta.

Pada rencana agenda itu, presiden melakoni kegiatan selama 2 hari di Majalengka, Sumedang dan Bandung yakni, Selasa – Rabu, 11-12 Juli 2023.

Karenanya, patut dinantikan apakah Jalan Tol Cisumdawu langsung beroperasi secara fungsional setelah diresmikan, atau baru dioperasikan pada Agustus nanti.(*)

Sumber: