Pamit kepada Santri untuk Diperiksa, Pesan Panji Gumilang: Belajarlah Baik-baik, Nanti Jumpa Lagi

Pamit kepada Santri untuk Diperiksa, Pesan Panji Gumilang: Belajarlah Baik-baik, Nanti Jumpa Lagi

Momen ribuan santri Al Zaytun Indramayu saat melepas Syekh Panji Gumilang untuk diperiksa di Bareskrim Polri, Selasa (1/8).--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU - Syekh Panji Gumilang dilepas ribuan santri Mahad Al Zaytun ke Jakarta untuk mengikuti pemeriksaan di Bareskrim Polri, Selasa, 1, Agustus 2023.

Momen tersebut dibagikan kanal resmi Mahad Al Zaytun. Sebelum berangkat, Syekh Panji Gumilang sempat menyapa santri yang sudah berbaris rapih di depan Masjid Rahmatan Lil Alamin.
 
“Hari ini syekh akan ke Jakarta. Kalian jangan ikut berpikir, tentang apa yang akan dilaksanakan oleh syekh,” kata Syekh Panji Gumilang, menyampaikan pesan.

Dalam kesempatan itu, pria dengan nama lengkap Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang tersebut sempat berbicara singkat dan menitipkan pesan kepada para santrinya.

“Belajar lah baik-baik. Syekh hanya beberapa jam saja nanti. Pulang lagi dan jumpa lagi. Belajar baik-baik. ini sudah berapa menit, terganggu jam pelajaran,” kata dia.

Karena itu, syekh meminta agar jam pelajaran ditambah 15 menit. Sebab, adanya agenda tersebut telah memakan waktu KBM meski singkat.

Sebelum bertolak dari pondok pesantren di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu itu, syekh juga sempat berdoa bersama dengan santri dan pengurus yayasan.

“Kita berdoa kepada Allah semoga semua bisa dilancarkan dan lancar semuanya,” kata Syekh Panji Gumilang.

BACA JUGA:5 Jenis Burung Perkutut yang Mengandung Mitos Adat Jawa, Memengaruhi Wibawa, Rezeki dan Keberuntungan

Tak lama setelah berdoa dan sembari diiringi dengan salawat juga lantunan Asmaul Husna, Syekh Panji Gumilang berjalan menuju mobil yang sudah diparkir di depan Masjid Rahmatan Lil Alamin.

Dia pun menyalami santri yang berjejer di kanan dan kiri. Nampak santri dari berbagai tingkatan yang jumlahnya ribuan itu, melepas Syekh Panji Gumilang.

Seperti diketahui, pemimpin Mahad Al Zaytun tersebut kembali diagendakan untuk menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri terkait dengan sejumlah perkara dan laporan.

Pemeriksaan kali ini sudah ditahap penyidikan. Agenda ini, sebetulnya sudah direncanakan pada pekan lalu.

Namun, ketika itu, Syekh Panji Gumilang hanya mengutus kuasa hukum, Hendra Effendi untuk menemui penyidik, karena kondisi kesehatan yang kurang baik.

Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Djuhandhani Rahardjo Puro mengungkapkan, penyidik memang kembali mengagendakan pemeriksaan pada Selasa, 1, Agustus 2023.
 
"Kami melayangkan panggilan kedua, yaitu kami panggil sebagai saksi dan diharapkan 1 Agustus bisa hadir memenuhi panggilan kami," katanya.

Dalam perkara dugaan penodaan agama yang dilakukan Panji Gumilang, pihaknya sudah memeriksa sebanyak 38 saksi dan 16 ahli.

Dari beberapa ahli yang diperiksa mencakup ahli agama, ahli pidana dan ahli pada bidang sosiologi. Panji Gumilang juga sudah diperiksa dalam tahap penyelidikan untuk menyampaikan klarifikasi.

Sementara itu, saat taushiyah Salat Jumat di Masjid Rahmatan Lil Alamin, Syekh Panji Gumilang sempat menyatakan bahwa kondisi kesehatannya memang kurang baik di pekan lalu.

Dia sempat merasa sangat mengantuk dan membutuhkan istirahat. Gejala kurang baik itu, membuatnya memutuskan untuk tidak menghadiri panggilan dari Bareskrim Polri.

Namun, kali ini Syekh Panji Gumilang sudah bertolak ke Jakarta dari Indramayu dan diperkirakan bakal sampai pada siang ini, untuk selanjutnya menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri.(*)

Sumber: