Peringatan HUT ke-78 RI, Luthfi Ingatkan Tetap Jaga Kondusifitas di Tahun Politik

Peringatan HUT ke-78 RI, Luthfi Ingatkan Tetap Jaga Kondusifitas di Tahun Politik

KETUA DPRD HM Luthfi MSi saat memberikan hadiah hiburan.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, dilaksanakan sudah dalam momen tahun politik. Tensinya sudah mulai terasa.

Kendati demikian, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, HM Luthfi MSi meminta agar masyarakat Kabupaten Cirebon, khususnya wakil rakyat di legislatif dan personalia di sekretariat DPRD, untuk tetap kompak dan solid menjaga kondusifitas dan kedamaian.

"Saat ini, sudah masuk tahun politik. Pasti ada perbedaan pilihan. Banyak warna. Tapi perbedaan ini tidak boleh membuat kita pecah belah," kata Luthfi, yang disampaikannya saat menggelar perayaan HUT RI ke 78 di halaman sekretariat DPRD, Senin (14/8).

Kang Luthfi--sapaan untuknya menekankan pentingnya menjaga suasana yang aman dan damai selama proses demokrasi. "Kita semua memiliki tanggung jawab bersama untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

"Dalam momen peringatan kemerdekaan ini, marilah kita merenungkan semangat persatuan dan gotong royong yang telah mewarnai sejarah bangsa kita. Kita perlu menjaga suasana kondusif, menghindari provokasi dan konflik yang dapat mengganggu proses demokrasi kita," lanjutnya.

Menurutnya, 50 anggota DPRD yang masing-masing memiliki konstiuen memiliki peran signifikam dalam hal menjaga ritme dan iklim politik menjelang pemilu 2024 nanti. Makanya kata dia, pentingnya menekankan diskusi yang sehat dan produktif dalam menyongsong pesta demokrasi nanti.

"Kita bisa berbeda pendapat tanpa harus bermusuhan. Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk saling mendengarkan, berdialog, dan bersama-sama mencari solusi terbaik demi kepentingan bersama," katanya.

Pemerintah dan partai politik juga diingatkan untuk bertindak lebih bijak dan menjaga integritas dalam upaya menggapai keadilan sosial dan kemajuan bangsa. "Marilah kita bersama-sama menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan menjaga keutuhan bangsa, tanpa mengesampingkan keragaman yang menjadi salah satu kekayaan Indonesia," tambahnya.

Pesan optimisme disampaikannya bahwa dengan kerjasama dan semangat persatuan, Indonesia akan mampu menghadapi Pemilu 2024 dengan sukses dan menjaga integritas demokrasi.

Sebagai informasi, dalam memeriahkan HUT RI ke 78, DPRD Kabupaten Cirebon menggelar banyak kegiatan, lengkap dengan hadiah yang disediakan. Salah satunya, tenis meja. Diisi oleh kalangan politisi di legislatif dan sekretariat DPRD.

Ada salah satu unsur pimpinan DPRD yang berhasil menduduki urutan tiga besar. Yakni Teguh Rusiana Merdeka. Politisi Golkar itu, rupanya mampu melibas banyak lawannya. Namun diakhir harus puas berada diurutan ketiga.

Karena juara pertamanya diraih Tayu sekretariat DPRD, keduanya Fikih sekretariat DPRD dan ketiganya Teguh Rusiana Merdeka. (zen)

Sumber: