21 UMKM Warga Meriahkan HUT RI di RW 12 Mulya Endah GSP Cirebon

21 UMKM Warga Meriahkan HUT RI di RW 12 Mulya Endah GSP Cirebon

Ketua Panitia HUT, H Dadang Surya Darma, dan Ketua RW 12 Mulya Endah, Ahmad Jubaedi saat membacakan pengundian dooprise pada puncak peringatan HUT RI ke-78 di RW nya, Minggu (20/08). FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH--

RAKYATCIREBON.ID, KESAMBI - Tak hanya diisi dengan kemeriahan berbagai lomba, mulai dari lomba olahraga, hingga lomba-lomba hiburan, kemeriahan HUT RI ke-78 di RW 12 Mulya Endah Perumahan Griya Sunyaragi Permai (GSP).

Juga diisi dengan bazaar UMKM warga setempat, menandakan bahwa kemeriahan momen kemerdekaan harus sejalan dengan kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Ketua Panitia HUT ke-78 RI tingkat RW 12 Mulya Endah, H Dadang Surya Darma mengungkapkan, Minggu (20/08) kemarin adalah puncak dari rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI di RW 12 Mulya Endah, sejak dimulai pada tanggal 20 Juli lalu, sehingga pas, rangkaian HUT RI terselenggara sela satu bulan penuh.

"Hari ini, puncak 17-an di RW 12 Mulya Endah, seluruh warga turun, mulai dari jalan santai, di akhir ada doorprize, berseragam merah putih. Alhamdulillah warga pro aktif, dan RW mendukung," ungkap H Dadang.

Semangat peringatan HUT RI ke-78 di RW 12 Mulya Endah pun tidak mengesampingkan pertumbuhan UMKM, dimana panitia mendirikan sedikitnya 21 stand untuk bazaar UMKM, yang mana diisi oleh UMKM milik warga setempat.

"Bazaar UMKM warga RW 12, ada 21 stand, puncak acara ini juga jadi momentum, warga kami yang mempunyai produk UMKM bisa berkembang. Rangkaiannya, mulai lomba-lomba, anak dewasa, orang tua. Rangkaian terselenggara berkat keguyuban semua warga," kata H Dadang.

Sementara itu, Perwakilan Warga RW 12 Mulya Endah, Indriawati mengaku senang dan mengacungi jempol para panitia yang sudah mempersiapkan dan mensukseskan agenda warga di momen HUT RI ini.

"Alhamduliah, sebagai warga, saya rasa semua sangat bahagia, acara sangat meriah, kami warga mengapresiasi pengurus RW, panitia serta jajaran, yang sudah sangat memperhatikan keinginan warga untuk menyelenggarakan HUT ke-RI. Alhamdulillah lebih meriah dari tahun kemarin," ungkap Indriawati.

Lomba-lomba yang dikedepankan, kata dia, sudah sangat mengakomodir semua umur, sehingga pada momentum kemerdekaan, semua ikut berbahagia karena bisa ikut mengisi kemerdekaan.

"Lomba mencakup semua usia, anak, dewasa sampai lansia. Jadi semua potensi yang ada di RW 12 Mulya Endah difasilitasi untuk ikut memeriahkan HUT-RI melalui lomba-lomba, kebersamaan sangat tinggi," ujar Indriawati.

Di tempat yang sama, Ketua RW 12 Mulya Endah, Ahmad Jubaedi menambahkan, pihaknya merasa bangga dengan kekompakan yang diperlihatkan warganya pada peringatan HUT-RI tahun ini.

"Saya apresiasi panitia, agustusan ini terselenggara lebih meriah, warga kami tumpah ruah ikut dalam jalan santai. Saya juga mengapresiasi pengurus RT, yang ikut mensukseskan. Saya bangga, kami punya warga yang guyub, begitu mendukung program RW nya," ucap Ahmad Jubaedi.

Terkait dengan stand-stand UMKM yang ikut berdiri memeriahkan HUT-RI, kata Ahmad Jubaedi, pihak RW terus mendorong agar UMKM warganya terus dikembangkan.

"Kami koordinasi dengan unsur pemerintah, untuk pembinaan UMKM. Alhamdulillah didukung oleh warga kami sendiri, semua antusias membeli produk tetangga. UMKM bergembira di momen ini," imbuh Ahmad Jubaedi. (sep)

Sumber: