Sebelum Jabatan Gubernur Berakhir, Ridwan Kamil Menunggu 1 DOB Lagi; Kabupaten Cirebon Timur

Sebelum Jabatan Gubernur Berakhir, Ridwan Kamil Menunggu 1 DOB Lagi; Kabupaten Cirebon Timur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai pertemuan dengan Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) di Kantor Desa Babakan Losari, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon.--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Teka-teki terkait sikap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, tentang rencana pemekaran Cirebon Timur, sudah terjawab.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendukung penuh pemekaran Kabupaten Cirebon dan merestui adanya Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Cirebon Timur.

Ridwan Kamil menyampaikan hal tersebut usai mengikuti rapat yang digelar pengurus Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) di Kantor Desa Babakan Losari, Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Selasa 22 Agustus 2023.

Di hadapan masyarakat yang memadati Kantor Balai Desa Babakan Losari, Ridwan Kamil meminta agar elemen masyarakat khususnya di Cirebon Timur, untuk ikut memperjuangkan pemekaran Kabupaten Cirebon agar terbentuk DOB Cirebon Timur.

 “Selama menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, sudah ada 9 daerah (kabupaten/kota, red) yang diusulkan kepada pemerintah pusat untuk dimekarkan. Kami akan berusaha untuk menambah satu kabupaten lagi untuk dimekarkan yakni Kabupaten Cirebon Timur,” kata Ridwan Kamil.

Gubernur yang masa jabatannya akan berakhir dua pekan lagi tersebut  mengaku banyak menerima masukan dari FCTM berkaitan dengan pemekaran Kabupaten Cirebon bagian timur.  

“Kami berharap agar wilayah Cirebon Timur menjadi daerah otonomi baru di Jawa Barat,” kata Kang Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil.

Emil menyebut calon DOB harus memenuhi syarat pemekaran, ditinjau dari beberapa aspek, di antaranya kelayakan luas geografis, fasilitas publik, fasilitas pelayanan dan potensi dari daerah tersebut.

“Dilihat dari aspek yang dimiliki Cirebon Timur itu dirasa layak dan sudah sesuai untuk dibuatkan naskah persetujuan sebagai CDOB,” katanya.

Sementara itu, Bupati Cirebon H Imron juag mendukung pembentukan DOB Cirebon Timur dan menyiapkan anggaran di APBD tambahan untuk biaya kajian akademik. 

KH Usamah sebagai ketua FCTM mengaku bersyukur atas dukungan dari gubernur dan bupati Cirebon. Namun dirinya tetap bekerja keras untuk mewujudkan biaya kajian akademik yang jumlahnya tidak sedikit. namun pihaknya optimis, tidak lama lagi Kabupaten Cirebon Timur segera terwujud.  (her)

 

Sumber: