Surganya Kuliner dengan Ragam Makanan Khas Cirebon yang Menggoda Selera

Surganya Kuliner dengan Ragam Makanan Khas Cirebon yang Menggoda Selera

Empal Gentong merupakan salah satu makanan khas Cirebon-RakyatCirebon-Foto by Google

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Cirebon terkenal di kalangan wisatawan, terutama di kalangan pecinta kuliner. Kota Wali ini mempunyai beragam kuliner yang enak dan unik. 

 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai masakan khas Cirebon yang nikmat. Tentunya dengan cita rasa autentik yang bikin ngangenin. Selain itu, harganya pun sangat terjangkau. 

 

Berikut daftar masakan khas Cirebon yang wajib kamu coba!

 

1. Nasi Jamblang

Nasi jamblang atau dikenal sebagai sego jamblang memiliki porsi nasi sedikit. Diisi beragam pilihan lauk pauk, seperti semur, perkedel, sate kentang, tahu, paru, telur dadar, tempe, ikan asin, dan tidak ketinggalan sambal goreng. 

 

Ciri khas lainnya, yaitu disajikan dalam keadaan dingin. Walau begitu, nasinya tetap nikmat dan wangi karena dibungkus dengan daun jati sehingga nasi tetap pulen dan tahan lama. 

 

Selain rasanya yang enak, seporsi nasi jamblang ini dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, makan sekali dijamin ketagihan karena kaya akan rempahnya.

 

BACA JUGA:Empal Gentong Khas Cirebon yang Melegenda, Bumbunya Hasil Pertemuan Budaya Jawa, Arab, China dan India

 

2. Nasi Lengko

Nasi lengko mudah ditemukan di berbagai sudut Kota Cirebon. Menu nasi ini sampai sekarang masih tetap populer dan banyak dijumpai dijalanan kota Cirebon.

 

Isiannya sangat sederhana, yaitu nasi putih dengan tahu dan tempe goreng yang dipotong kecil-kecil, sayuran –seperti timun dan taoge–, taburan daun kucai atau seledri, dan bawang goreng yang gurih. 

 

Semakin nikmat pula disantap dengan sambal kacang dan sedikit kecap asin, serta kerupuk atau emping. Di beberapa warung makan, nasi lengko biasanya disajikan dengan 5–10 tusuk sate di piring lain.

 

3.  Ketoprak

Tidak hanya Jakarta yang punya ketoprak, di Cirebon juga ada. Perbedaan ketoprak khas Betawi dan Cirebon adalah kuah bumbu kacang. 

 

Dibalut dengan bumbu kacang yang gurih dan manis, ketoprak Cirebon siap membuat lidah bergoyang dengan ragam campuran lauknya, mulai dari ketupat atau lontong, tahu goreng, bihun, lontong, mentimun dan telur dadar. 

 

BACA JUGA:Mengenal Nasi Jamblang Khas Cirebon, Kenapa Dibungkus Daun Jati: Sejarah, Keunikan, Resep Simpel

 

Seporsi ketoprak dibanderol dengan harga yang ramah kantong. Untuk kamu yang mengunjungi Cirebon jangan sampai keewatan menu makanan ini. 

 

4.  Docang

Dari namanya saja sudah terdengar unik, ya. Docang, kuliner istimewa dari Cirebon yang memiliki asal usul unik. Sekilas, masakan satu ini mirip seperti lontong sayur. 

 

Dengan kuah santan kemerahan, kamu bisa menikmati lontong, taoge, daun singkong, dan oncom dalam satu piring. 

 

Rasa docang memang tidak terlalu pedas, tapi rasa segar tetap timbul di lidah karena menggunakan kuah dage yang panas. Semakin lengkap jika ditambah remasan kerupuk sebagai topping-nya.

 

5.  Empal Gentong

Sajian wajib ini berbahan dasar daging sapi, empal gentong dimasak menggunakan peralatan gentong atau periuk yang terbuat dari tanah liat dan kayu dari pohon asam selama lima jam agar dagingnya legit. 

 

BACA JUGA:Ini Rahasia Awet Muda Usia 40 Tahun! Cukup Gunakan Jeruk Nipis dan Minyak Zaitun Untuk Rambut Beruban

 

Ciri khas empal gentong adalah kuahnya yang terlihat seperti gulai. Menu ini bisa disajikan dengan seporsi nasi hangat, lontong, atau bongko. Lalu, pada bagian atasnya ditaburi kerupuk kulit daging sapi.

 

6. Sate Kalong

Namanya ekstrin namun sate ini tidak memakai kelelawar sebagai bahan utamanya. Jadi jangan salah paham ya.

 

Dinamakan sate kalong, karena makanan yang terbuat dari bahan dasar daging kerbau ini baru dijual sejak maghrib hingga tengah malam. 

 

Soal rasa, jangan ditanya. Perpaduan rasa gurih dan manis dalam sepiring sate kalong, bakal bikin kamu ketagihan. Apalagi, jika disantap bersama lontong dan potongan bawang merah.

 

BACA JUGA:Syarat-Syarat Terbaru untuk Mengajukan Pinjaman KUR BRI Rp100 juta

 

7. Tahu Gejrot

Sesuai namanya, kuliner khas Cirebon ini menggunakan tahu sebagai bahan dasar. Proses pembuatannya sederhana. 

 

Tahu pong yang sudah dipotong kecil-kecil disiram dengan kuah asam, pedas dan manis, bawang merah dan putih, cabai rawit, serta gula merah. Biasanya, tahu gejrot disajikan dalam mangkuk kecil. 

 

Buat kamu yang suka makanan pedas bisa request jumlah cabainya, loh. Lebih nikmat lagi jika ditemani segelas es jeruk.

 

Nah, itulah beberapa makanan khas Cirebon yang wajib kamu cobain jika berkunjung. Kapan lagi bisa menikmati makanan khas citarasa dengan harga yang merakyat.


BACA JUGA:3 Cara Membuat Ramuan Jeruk Nipis, Bekas Jerawat Bisa Hilang, Simak Caranya!

 

Sumber: pegipegi.com