4 Kebiasaan Sepele yang Menjadi Penyebab Penuaan Dini, Perhatikan atau akan Menyesal

4 Kebiasaan Sepele yang Menjadi Penyebab Penuaan Dini, Perhatikan atau akan Menyesal

Hal-hal sepele menjadi penyebab penuaan dini.--

RAKYATCIREBON.ID, JAKARTA - Ada kebiasaan yang sebetulnya sepele akibatnya bisa fatal, mempercepat penuaan dini. Awas dan hati-hati dalam melakukan beberapa kebiasaan sepele ini.

Penuaan dini bisa dicirikdengan adalah kulit yang mengalami perubahan, misalnya ditandai dengan muncul garis-garis halus, ataupun keriput, nyeri di bagian tubuh tertentu, dan juga kecendrungan penyakit.

Selain  karena proses alami,  ada juga kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini, dan sering kali kamu melakukannya tanpa disadari.

Inilah kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini:

Makan junk food
Kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini, diurutan pertama yang mungkin bagi sebagian orang tidak menyadarinya adalah sering makan junk food.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa junk food tidak baik bagi kesehatan, hal ini dikarenakan junk food memiliki zat citarasa yang bersifat adiktif, dan memiliki efek toksik dalam tubuh.

Selain itu, junk food juga memiliki lemak trans, yaitu lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, dan melemahkan aliran darah ke kulit, yang akhirnya menyebabkan penuaan dini dan kerutan.

Posisi tidur salah
Mungkin banyak sekali orang yang tidak peduli dengan posisi tidurnya, selagi merasa nyaman dan nyenyak maka tidak akan menjadi masalah.

Padahal ternyata, posisi tidur yang salah bisa memiliki dampak yang cukup serius lho, terhadap kasus penuaan dini.

Sebab kompresi mekanis ketika tidur, dapat merusak kulit serta menyebabkan terbentuknya garis-garis halus permanen di area wajah.

Oleh karena itu, mulai sekarang hindari kebiasaan tidur dengan posisi miring ataupun tengkurap, agar terhindar dari penuaan dini terlalu cepat.

Bahkan dalam sebuah penelitian, mengungkapkan orang-orang yang tidur dengan posisi tengkurap ataupun miring, memiliki peluang besar timbulnya garis-garis halus di wajahnya.

Tentu saja garis-garis halus ini, yang menjadi awal mula pembentukan kerutan dan kulit yang akan kehilangan elastisitasnya.

Kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini selanjutnya, disebabkan karena melewatkan pemakaian sunscreen ketika sedang berada di rumah.

Sebab, banyak orang yang memiliki anggapan bahwa memakai sunscreen itu ketika hendak bepergian atau keluar dari rumah, agar terhindar dari bahaya paparan sinar matahari.

Namun ternyata anggapan ini salah, sebab sunscreen juga sebaiknya harus tetap digunakan meskipun ketika sedang berada di rumah.

Alasan sunscreen ini harus tetap dipakai meskipun kita di rumah, karena selama di rumah kita juga terpapar sinar atau blue light dari laptop, gadget dan juga televisi.

Hal ini dikarenakan sinar atau blue light yang berasal dari beberapa barang elektronik tersebut, memiliki bahaya yang sama seperti sinar UV matahari.

Selain itu, blue light juga dapat menjadikan kulit nampak kusam dan beberapa masalah kulit lainnya, oleh karena itu, meskipun kamu berada di rumah kamu harus tetap memakai sunscreen ya guys.

Sering Begadang
Salah satu cara untuk menambah energi adalah dengan tidur, tidak hanya itu saja tidur juga mampu meningkatkan konsentrasi, bahkan memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Sebab, ketika malam hari, kulit manusia akan mengalami yang namanya regenerasi, sebaliknya, jika kamu pada malam hari terlalu sering begadang, maka dapat mempengaruhi kondisi wajahmu.

Memang tidak secepat itu, namun seiring berjalannya waktu, wajahmu akan nampak lebih tua jika terlalu sering begadang pada malam hari.

Mengucek mata
Kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini dapat disebabkan karena mengucek mata, sebab jika dibandingkan dengan bagian wajah lainnya, area mata memiliki kulit yang tipis.

Tentu saja hal ini membuat kulit mata lebih mudah mengalami permasalahan kulit, mulai dari munculnya garis-garis halus, kerutan wajah, mata panda dan juga kulit mulai mengendur.

Jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, maka dapat mempercepat munculnya garis-garis di sekitar mata.

Kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini selanjutnya yang mungkin sering kamu lakukan adalah, memakai sedotan ketika sedang minum.

Sepertinya nampak sangat sepele ya, namun ternyata minum memakai sedotan ini dapat mengundang garis-garis halus di sekitar mulut lho guys.

Hal ini disebabkan karena, ketika kamu menyeruput minumanmu menggunakan sedotan maka secara tidak langsung, kamu juga akan mengaktifkan otot-otot di sekitar bibir.

Namun bukan berarti kamu harus menghindari minum memakai sedotan, tapi kamu cukup menguranginya saja minum menggunakan sedotan, intinya jangan terlalu sering.

Itulah beberapa kebiasaan sepele yang mempercepat penuaan dini, yuk hindari mulai sekarang, dan katakana selamat tinggal kepada penuaan dini. (*)

Sumber: