DLH Kabupaten Cirebon Sasar Pelajar SMA Sosialisasikan Pengelolaan Sampah

DLH Kabupaten Cirebon Sasar Pelajar SMA Sosialisasikan Pengelolaan Sampah

DLH Kabupaten Cirebon mensosialisasikan terkait pengelolaan sampah di SMAN 1 Sumber, Cirebon. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon terus massif mensosialisasikan terkait pengelolaan sampah. Kali ini, yang menjadi sasarannya mereka para pelajar di SMAN 1 Sumber.

Para pelajar ini diajarkan bagaimana caranya memilah sampah. Dengan melihat berdasarkan kategorinya masing-masing. Seperti sampah organik, sampah anorganik, serta sampah bahan berbahaya dan beracun.

Kabid Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan DLH Kabupaten Cirebon, Fifi Erneti SSos menjelaskan para pelajar ini, tidak hanya diberikan informasi seputar pengelolaan sampah. Tapi mereka sekaligus mempraktikannya.

"Anak-anak SMAN 1 Sumber ini kita libatkan dalam menangani persoalan lingkungan. Kita berikan pemahaman tentang bagaimana mengelola sampah dengan baik," kata Kabid Peningkatan Kapasitas dan Pemulihan Lingkungan DLH Kabupaten Cirebon, Fifi Erneti SSos.

"Bahwa sampah itu memiliki nilai. Baik nilai ekonomi maupun nilai manfaat lain. Sisa makanan misalnya, itu kita bisa jadikan kompos. Yang bernilai ekonomi bisa ditampung melalui bank sampah," lanjutnya.  

Fifi pun mengapresiasi dengan upaya yang telah dilakukan di SMAN 1 Sumber. Pasalnya, sistem pengelolaan sampah melalui bank sampah mandiri sudah berjalan positif.

"Kebetulan disini mereka sudah mempunyai bank sampah dan dikelola sendiri dibawah bimbingan guru-gurunya. Mereka sudah dilatih mengelola sampah untuk dimanfaatkan," katanya.

"Disini sistemnya sudah berjalan ada tabungan sampah yang nilai rupiahnya bisa dikonversikan kedalam tabungan," lanjutnya.

Kegiatan sosialisasi sendiri dibalut melalui
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil tema Gaya Hidup Berkelanjutan SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Launching Sekolah Mandiri Kelola Sampah Melalui Gerakan SMAN1S Minim Sampah (SMS).

Sejauh ini, DLH sudah menggandeng pelajar di beberapa sekolah. "Praktik pengelolaan sampah ini, sudah kita lakukan di dua SMA. Yakni di SMAN 1 Palimanan dan SMAN 1 Sumber," pungkasnya. (zen)

Sumber: