RW 09 Karanganyar Jagasatru Barat Punya Kelompok Budidaya Ikan Pemuda

RW 09 Karanganyar Jagasatru Barat Punya Kelompok Budidaya Ikan Pemuda

KELOMPOK IKAN. RW 09 Karanganyar Jagasatru Barat Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon punya kelompok budidaya ikan dari kalangan pemuda. Namanya Kelompok Budidaya Ikan Akar Bahar. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - RW 09 Karanganyar Jagasatru Barat Kelurahan Jagasatru Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon punya kelompok budidaya ikan dari kalangan pemuda.

Namanya Kelompok Budidaya Ikan Akar Bahar. Pembentukannya dihadiri langsung oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) setempat disaksikan Lurah Jasatru Agus Gumelar SE, Ketua RW 09 Karanganya Toto Satori serta pengurus.
 
Ketua Kelompok Budidaya Ikan Akar Bahar, Dimas Tirawonua mengatakan, dalam tahap awal Akar Bahar melakukan pembesaran benih lele ukuran 8 cm dengan populasi 1.000 ekor.

"Baru mau mulai lele dulu. Ke depan kita akan mau pembesaran benih ikan nila," ujar Dimas kepada Rakyat Cirebon.

Dijelaskan Dimas, pembentukan Akar Bahar tidak hanya berorientasi pada manfaat ekonomi budidaya ikan. Juga untuk memberi wadah kreativitas anak muda khususnya di budidaya ikan.

"Sepeti biasa untuk merangkul anak-anak itu menyesuaikan jadwal mereka juga nggak maksa nggak harusin, kalau bisa datang ya datang," jelas Dimas.

Saat ini, kata Dimas, kepengurusan Akar Bahar terdiri dari 15 pemuda yang sudah terjun langsung mengelola kolam. Utamanya ialah Dimas Tirawonua sebagai ketua, Bendahara Puji Lestari dan Sekretaris Suci Oktaviani.

Ketua RW 09 Karanganyar Jagasatru Barat, Toto Satori mengatakan, budidaya ikan dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan warga.

Dijelaskan Toto, anak muda dan masyarakat RW 09 Karanganyar diharapkan mampu memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan tempat budidaya ikan maupun tanaman pangan.

Sebab, selain budidaya ikan, RW 09 Karanganyar juga membudidayakan tanaman pangan di lahan-lahan kosong. RW 09 Karanganyar sudah punya rumah benih untuk kebutuhan benih di RW tersebut.

"Rumah benih fungsinya melakukan pembenihan dan pembibitan untuk penyemaian benih. Targetnya 10 ribu per masa tanam," pungkasnya. (wan)

 

Sumber: