Olahraga Ringan, Hasil Maksimal: Lakukan 7 Tips Ini untuk Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Olahraga Ringan, Hasil Maksimal: Lakukan 7 Tips Ini untuk Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Tips olahraga saat bulan puasa. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Olahraga selama bulan puasa memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, mempertahankan kebugaran tubuh tetap penting, bahkan saat sedang menjalani puasa. 

Ada beberapa cara yang dapat Anda coba agar olahraga saat puasa tidak terasa berat dan tetap memberikan manfaat optimal bagi tubuh.

Meskipun belum ada penelitian yang memberikan hasil pasti mengenai efek positif atau negatif olahraga saat berpuasa, umumnya diperbolehkan untuk tetap berolahraga selama menjalani ibadah puasa. 

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Open Access Journal Of Sports Medicine (2020) meninjau hasil penelitian tentang efek latihan kekuatan selama berpuasa terhadap pembakaran lemak dan performa latihan.

Studi ini mengindikasikan bahwa tubuh akan menggunakan lemak sebagai sumber energi selama olahraga saat berpuasa. 

Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah latihan kekuatan saat puasa dapat meningkatkan pembakaran lemak secara signifikan.

Tips Olahraga Saat Puasa

1. Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu olahraga pada saat setelah berbuka puasa atau 30-60 menit menjelang waktu berbuka. Pada saat ini, tubuh sudah mendapatkan energi kembali dari asupan makanan dan minuman.

2. Sesuaikan Jenis Olahraga

Pilih olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang, seperti bersepeda, jogging, jalan santai, yoga, atau pilates. Hindari olahraga berat seperti High Intensity Interval Training (HIIT) jika waktu berbuka masih lama.

3. Perhatikan Kondisi Tubuh

Dengarkan tubuh Anda. Jangan memaksakan diri untuk menambah intensitas atau durasi olahraga jika merasa tubuh tidak mampu. Sesuaikan aktivitas fisik dengan keadaan tubuh dan kondisi kesehatan Anda.

4. Hindari Dehidrasi

Sumber: