Liburan Weekend dengan Berkunjung ke Destinasi Wisata Tersembunyi di Curug Tilu Purwakarta

Liburan Weekend dengan Berkunjung ke Destinasi Wisata Tersembunyi di Curug Tilu Purwakarta

Keindahan tersembunyi dibalik destinasi Curug Tilu Purwakarta. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

PURWAKARTA, RAKCER.ID - Purwakarta terkenal sebagai penghasil listrik terbaik dengan Waduk Jatiluhur, juga menyimpan destinasi wisata dengan keindahan alam yang memukau.

Salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi adalah Curug Tilu, sebuah air terjun yang menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Bagi para pecinta alam, Curug Tilu menjadi spot yang wajib dikunjungi untuk menghabiskan liburan.

Seperti banyak air terjun di Nusantara, Curug Tilu juga memiliki mitos dan sejarah menarik. Nama "Tilu" diambil dari bahasa setempat yang artinya tiga.

Dulunya, terdapat tiga air terjun yang memperindah bukit ini, namun seiring waktu, dua air terjun tertutup oleh rimbunnya pohon dan bebatuan. Hingga kini, Curug Tilu yang tersisa menjadi fokus utama.

Ada juga sejarah lain yang menyebutkan bahwa nama Curug Tilu berasal dari adanya tiga undakan di air terjun tersebut. Mengenai mitos, warga setempat percaya dan melarang aktivitas berenang pada hari Selasa antara pukul 12.00–13.00. Meskipun alasan di balik larangan ini belum jelas, tetaplah menghormati nilai budaya dan keyakinan lokal.

Curug Tilu menawarkan pesona alam yang memikat, mulai dari pemandangan hingga keberagaman flora dan fauna. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dan bebatuan pegunungan, pengunjung akan merasa seperti berada di kampung halaman. Suara alam yang merdu, dengan gemericik air terjun dan suara hewan liar, memberikan pengalaman yang menyegarkan.

Ketika memasuki area curug utama, mata akan disuguhkan oleh kontur bebatuan yang menarik. Bebatuan yang sebagian dilapisi oleh tanaman liar memberikan kesan alami yang memikat. Warna air terjun Curug Tilu yang hijau kebiruan menambah keindahan panorama alam ini.

Aktivitas Menarik di Curug Tilu

1. Menikmati Suasana Alam

Berwisata ke Curug Tilu memungkinkan pengunjung menikmati keindahan alam. Suasana alam yang alami dengan pepohonan, batuan, dan suara alam yang menenangkan menciptakan pengalaman yang menyegarkan.

2. Bermain Air

Aktivitas wajib di air terjun adalah bermain air. Pengunjung dapat berendam, bermain air, atau berenang di kolam-kolam yang aman di sekitar curug. Leuwi Reunghas adalah spot yang cocok bagi perenang berpengalaman dengan kedalaman 2 meter.

3. Lompat Tebing

Bagi yang berjiwa petualang, aktivitas lompat tebing bisa dicoba di Curug Tilu. Beberapa titik lompatan tersedia, dan pastikan untuk mempersiapkan mental dan keberanian sebelum melompat.

Sumber: