Sony PlayStation 4 Pro Rilis Tahun 2024, Hadir dengan Versi Lebih Ringan Loh!

Sony PlayStation 4 Pro Rilis Tahun 2024, Hadir dengan Versi Lebih Ringan Loh!

Playstation Sony 4 pro. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway.id--

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya melahirkan versi yang lebih ramping, Sony merintis strategi baru dengan Playstation 4, membuka pintu bagi iterasi yang menawarkan performa yang lebih tinggi. 

Dikenal sebagai Playstation 4 Pro, iterasi ini ditujukan untuk gamer yang menginginkan pengalaman bermain game terkini dengan kualitas visual, resolusi, dan framerate yang lebih baik.

Dengan kehadiran Playstation 5 yang sudah berumur, para gamer penasaran apakah Sony akan mengulangi strategi yang sama.

Kabar tentang Playstation 5 Pro bahkan telah menyebar di internet, tidak hanya seputar spesifikasi, tetapi juga rencana peluncurannya tahun ini.

Kabar pertama datang dari kanal Youtube “Moore’s Law is Dead”, yang kemudian dikonfirmasi oleh leaker yang cukup terpercaya, Tom Henderson, Sony disebut-sebut sedang menggarap Playstation 5 Pro saat ini. 

Dev kitnya telah disebarkan ke studio first party sejak September 2023 dan beberapa studio third party sudah memilikinya sejak Januari 2024. Dev kit ini diyakini akan mewakili performa versi finalnya nanti.

Playstation 5 Pro yang diberi kode nama “Trinity” juga dikabarkan akan memiliki konsep disc-fisik yang dapat dicabut pasang, dan akan membawa banyak teknologi baru selain peningkatan performa. 

Meskipun detailnya belum diungkap secara mendalam, Playstation 5 Pro dikatakan akan memiliki spesifikasi sebagai berikut:

CPU yang sama dengan Playstation 5, tetapi dengan High CPU Frequency Mode hingga 3.85GHz, sekitar 10% lebih cepat dari Playstation 5 biasa.

System Memory berjalan pada 576 GB/s (18GT/s), 28% lebih cepat dari Playstation 5 biasa.

Kecepatan render GPU 45% lebih cepat.

Performa Ray-Tracing meningkat 2-4x.

Teraflops mencapai 33.5.

Dukungan PSSR (Playstation Spectral Super Resolution Upscaling) untuk upscaling / antialiasing.

Sumber: