Menguak Rahasia AHA, Berikut 5 Manfaat Lain Selain Eksfoliasi Kulit

Menguak Rahasia AHA, Berikut 5 Manfaat Lain Selain Eksfoliasi Kulit

Manfaat AHA dalam kandungan skincare. Foto: Pinterest/rakyatcirebon.disway --

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Tak hanya sebagai bahan dalam produk perawatan eksfoliasi kimia, Asam Alfa-Hidroksi (AHA) ternyata memiliki segudang manfaat lain yang luar biasa untuk kesehatan kulit wajah. 

AHA yang berasal dari tumbuhan dan hewan, merupakan asam yang biasa digunakan dalam pembuatan skincare. 

Yuk, simak berbagai manfaat AHA untuk kulit wajah yang patut kamu ketahui!

1. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen adalah protein penting yang membuat kulit tampak kenyal dan halus. AHA membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak dan kendur akibat kerusakan kolagen. Asam glikolat, salah satu jenis AHA, secara khusus terbukti mendorong perkembangan kolagen, mengurangi garis halus, dan kerutan.

2. Melawan Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Paparan radikal bebas dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini dan bintik hitam. AHA, terutama asam sitrat, memiliki sifat antioksidan yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meratakan warna kulit.

3. Mengoptimalkan Penyerapan Skincare

AHA membantu menghilangkan sel kulit mati sehingga produk perawatan kulit dapat menyerap lebih baik. Hal ini memastikan bahwa pelembap dan bahan aktif lainnya dapat bekerja secara efektif, menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

4. Mencegah dan Mengobati Jerawat

Jerawat seringkali disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh sel kulit mati, sebum, dan bakteri. AHA membantu menghilangkan sumbatan ini dan mengurangi ukuran pori-pori, serta memperbaiki tekstur kulit yang terpengaruh oleh jerawat.

5. Mengurangi Tanda Penuaan

Studi telah menunjukkan bahwa penggunaan AHA secara teratur dapat meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan noda kulit. AHA membantu menyamarkan garis permukaan dan kerutan, serta meminimalkan perubahan warna kulit.

Dengan berbagai manfaatnya, AHA menjadi salah satu bahan yang sangat berharga dalam skincare. Penting untuk menggunakan produk yang mengandung AHA secara rutin sesuai kebutuhan kulit. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu dalam merawat kulit wajahmu dengan lebih baik!

Sumber: