Bulog Cirebon Target Serap Beras Petani 41.482 Ton Sepanjang 2024

Bulog Cirebon Target Serap Beras Petani 41.482 Ton Sepanjang 2024

JELASKAN. Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Imam Firdaus Jamal mengatakan, seiring situasi sekarang sudah memulai masa panen, Bulog Cirebon akan mengoptimalkan pengadaan beras dalam negeri. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

CIREBON - Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon target serap gabah pertani sebanyak 41.482 ton setara beras sepanjang 2024. Namun, per hari ini, stok beras di gudang Bulog hanya 7.000 ton. 

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Imam Firdaus Jamal mengatakan, seiring situasi sekarang sudah memulai masa panen, Bulog Cirebon akan mengoptimalkan pengadaan beras dalam negeri.

"Saat ini gabah beras dalam negeri itu masih mengacu pada peraturan Badan Pangan Nasional no 6/2023. Adapun target untuk Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon untuk penyerapan setara berasnya di tahun 2024 itu total 41.482 ton itu target pengadaan setara beras," kata Imam kepada Rakyat Cirebon. 

Target tersebut jika dibanding tahun lalu ini ada penurunan target. Tetapi target itu sifatnya top down dari atas di-breakdown ke bawah. "Tetap kalau secara wilayah Kanwil Jabar itu kami tetap yang paling tinggi target penyerapannya," kata Imam.

Sejalan dengan itu, stok beras di gudang Bulog Cirebon saat ini tersedia 7.000 ton beras. "Dapat kami sampaikan bahwa posisi stok kami ada 7000 ton dan proses pemasukan dari Pelabuhan Patimban masih berjalan," katanya.

Namun begitu, pihaknya bakal pro aktif melakukan penyerapan beras dalam negeri. Saat ini, proses penyerapan sedang berlangsung melalui Pelabuhan Patimban. "Sedang berjalan 2.500 ton dari Pelabuhan Patimban," ujar Imam.

Pasca lebaran Idul Fitri 1445 H, Bulog Cirebon bakal lebih agresif lagi melakukan penyerapan. Ditambah lagi di momen panen raya yang sudah mulai di wilayah kerja Bulog Cirebon.

"Terkait dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam bulan ramadan kemudian menjelang ramadan posisi stok sisa beras insya Allah aman," pungkas Imam. (wan)

Sumber: