PKB-NasDem Lanjutkan Tradisi, Pengurus PKB Tandang ke Kediaman H Satori

PKB-NasDem Lanjutkan Tradisi, Pengurus PKB Tandang ke Kediaman H Satori

SILATURAHMI. Pengurus DPC PKB Kabupaten Cirebon saat bertandang ke kediaman H Satori, Jumat kemarin. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kebersamaan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Cirebon nampaknya akan terus berlanjut sampai ke pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

 

Itu dibuktikan, setelah perwakilan DPC PKB Jumat kemarin (26/4) bertandang ke kediaman tokoh NasDem sekaligus anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar VIII, H Satori.

 

Ya, PKB dan NasDem memiliki histori panjang di Kabupaten Cirebon. Koalisi kedua parpol bahkan sudah terbangun sejak Pilkada 2018 lalu. Keduanya sempat mengusung Luthfi-Qomar. Di pusat, saat Pilpres kemarin, PKB dan NasDem mengusung pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar.

 

Tentunya, tak aneh, ketika agenda pertemuan pengurus PKB dengan H Satori, terbaca sebagai upaya untuk merajut kembali kebersamaan yang sudah sejak lama terbangun. Melanjutkan tradisi, kedua parpol berkoalisi.

 

Sekretaris DPC PKB Kabupaten Cirebon, Waswin Janata menjelaskan kehadirannya ke kediaman politisi NasDem tersebut, agendanya silaturahmi. Momentumnya masih dalam nuansa halal bihalal.

 

Selain itu, kata Waswin agenda kemarin juga sekaligus menjalankan perintah ketua umum (Ketum) PKB, Abdul Muhaemin Iskandar, untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang berpotensi, bahwa PKB sudah mempersiapkan diri menghadapi Pilkada.

 

"Kebetulan, PKB itu mau membuka ceremonial opening terkait rekrutmen Calon Kepala Daerah. Nanti dibuka 1 Mei," kata Waswin ketika dihubungi Rakyat Cirebon, Minggu 28 April 2024.

 

Disinggung soal arah koalisi PKB, Waswin mengaku masih menunggu arahan. Pun ketika disinggung terkait bursa Pilkada. Apakah H Satori masuk bursa sebagai kandidat yang dijagokan PKB?

 

"Beliau masih sebagai anggota dari Partai NasDem. Setiap kader itu diberi tugas kepartaian.
Nah tugas kami meneruskan komunikasi politik lintas partai. Baik dengan sesama kader PKB maupun kader partai diluar PKB.  Kita bangun komunikasi," katanya.

 

"Kalau soal koalisi, kita kan bersama NasDem sudah cukup lama. Termasuk kemarin di Pilpres, PKB dan NasDem kan bareng. Tapi soal pertemuan kemarin lebih kearah membangun komunikasi saja," lanjutnya.

 

Itu dilakukan kata Waswin tidak hanya dengan NasDem atau spesifik H Satori saja. Parpol lainnya pun kita terus jalin komunikasi.

 

Terpisah, H Satori pun mengaku pertemuannya dengan pengurus DPC PKB dalam rangka halal bihalal. Silaturahmi biasa. Tanpa agenda politik. "Ngga ada penegasan kearah situ (Pilkada,red) komunikasi biasa. Halal bihalal," katanya.

 

Terkait Pilkada, kata politisi yang kembali terpilih sebagai anggota DPR RI di Pemilu kemarin, banyak kader muda potensial. Baik di NasDem maupun PKB. "Di NasDem, sudah ada tokoh muda mumpuni. Seperti ketua DPD, Kang Asep Zaenudin Budiman. Pun sama dengan di PKB," katanya.

 

"Kalau saya, muhasabah. Belum punya kemampuan yang memadai. Tokoh-tokoh muda banyak. Saya orang tua membimbing saja. Ada yang lebih bermutu sebagai calon kita dorong," lanjutnya.

Sumber: