1.296 Calhaj Kabupaten Cirebon Sudah Diberangkatkan

1.296 Calhaj Kabupaten Cirebon Sudah Diberangkatkan

SIMBOLIS. Kepala Kantor Kemenag Kab. Cirebon Saefudin Jazuli melepas Calhaj asal Kabupaten Cirebon. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Sebanyak 1.296 calon jamaah haji (Calhaj) asal Kabupaten Cirebon, sudah diberangkatkan. Dibagi kedalam tiga kloter pemberangkatan. Yakni kloter 2, 13 dan 18.

Masih ada 4 kloter lagi yang belum melakukan pemberangkatan. Yakni kloter 22,27, 29 dan 30. Artinya, masih ada 1.236 calon jamaah haji lagi yang belum diberangkatkan, sampai nanti 8 Juni mendatang akhir pemberangkatan.

Hal itu, disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, Saefudin Jazuli MSi melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H Yuto Nasikin SAg MPdI ketika dihubungi Rakyat Cirebon, Selasa 28 Mei 2024.

"Kuota jamaah dari Kabupaten Cirebon sebanyak 2.532. Yang sudah diberangkatkan sebanyak 1.296. Mereka dibagi kedalam 3 kloter pemberangkatan," ungkapnya.

Dari total jamaah yang sudah diberangkatkan, dipastikan semua dalam kondisi baik. Kalaupun ada, hanya sakit biasa. Tidak sampai parah. "Apalagi yang sampai meninggal dunia. Tidak ada. Kebetulan per hari ini laporan soal itu belum ada," katanya.

Pihaknya memastikan, jamaah yang dalam kondisi sakit ketika sudah mendekati jadwal pemberangkatan, akan di cancel terlebih dulu. Diberangkatkannya nanti di kloter berikutnya.

Artinya, tidak sampai menggagalkan pemberangkatan. "Jadi ngga ada itu apa istilahnya jamaah gagal berangkat. Itu tidak ada. Kalaupun iya, paling jamaah yang sakit menjelang pemberangkatan. Kita geser jadwal berangkatnya di kloter berikutnya," katanya.

Selain itu, Yuto menjelaskan dari jumlah total kuota 2.532 calon jamaah haji, dipastikan tidak semua diberangkatkan dari Cirebon. Alasannya, ada yang dimutasi ke daerah lain.

"Yang mutasi itu, ada 31 orang. Mereka mutasi ke daerah lain. Tapi masih di Jawa Barat. Dan itu, tetap dihitungnya sebagai calon jamaah haji Kabupaten Cirebon. Karena pelunasannya di Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (zen)

Sumber: