UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Menuju Layanan Digital Mempercepat Kampus Unggul

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Menuju Layanan Digital Mempercepat Kampus Unggul

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon--

Mengapa UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon?

Dalam reformasi birokrasi pemerintah untuk mendorong pembangunan nasional dibutuhkan transformasi digital pada aspek struktur digital agar tercipta tata kelola pemerintahan yang lincah, kolaboratif, dan akuntabel (hard element), dan peningkatan kompetensi digital dan budaya digital untuk mewujudkan budaya birokrasi berAkhlak dengan ASN yang profesional (soft element). Dalam konteks perguruan tinggi dari perubahan IAIN menuju UIN dengan “harap-harap cemas” untuk meningkatkan kapasitas dan mutu menuju kampus unggul dan mendunia, bahkan untuk menghasilkan SDM generasi emas, maka transformasi digital kelembagaan akan memfokuskan pada dua (2) hal ini.

Pertama, terwujudnya tata kelola digital pada perguruan tinggi yang bisa melayani dengan lincah, kolaboratif, dan akuntabel pada bidang administrasi, umum, akademik, dan kemahasiswaan. Transformasi digital pada bagian ini menekankan perubahan struktur kelembagaan dengan digitalisasi sebagai kata kunci untuk percepatan layanan yang lincah dan pencapaian dampak dari program yang diprioritaskan, misalnya pencapaian akreditasi unggul pada program studi dan institusi. Digitalisasi seluruh dokumen yang dibutuhkan pada sembilan kriteria akreditasi tiap saat dapat diakses untuk memenuhi kebutuhan evidence dalam visitasi akreditasi;

Kedua, kebutuhan layanan yang cepat dapat menghasilkan out-put, out-come, bahkan dampak dari program yang dilaksanakan dan juga terwujudnya efisiensi anggaran. Capaian program dan kebermanfaatannya akan diproyeksikan untuk pencapaian visi kampus, bahkan memiliki nilai manfaat bagi masyarakat. Misalnya, digitalisasi layanan akan mengurangi jumlah pemakaian dan penggunaan kertas (paperless) yang menyebabkan penggunaan anggaran lebih efisien.

Perubahan kelembagaan IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon menandai fase baru dalam perubahan tata kelola secara digital yang dilakukan sesuai dengan peta jalan (road map) transformasi kelembagaan digital. Hal ini sebagaimana ditegaskan Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2024 tentang UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon untuk mendorong perubahan paradigma perguruan tinggi keagamaan Islam dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi. Di samping itu, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada Kementerian Agama RI menjadi landasan yang kuat dalam pengelolaan perguruan tinggi berbasis siber untuk semua tata kelolanya. Hal ini menjadi dasar bagi penyiapan digitalisasi tata kelola berbasis teknologi, dan implementasinya dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi.

Transformasi Digital UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon (UIN SSC) memiliki peran utama dalam mewujudkan integrasi ilmu agama dengan ilmu lain sebagai upaya mendukung terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas serta mendorong perubahan paradigma perguruan tinggi keagamaan Islam dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis teknologi. UIN SSC harus berubah secara total dalam penyelenggaran pendidikan dengan basis teknologi digital pada tata kelola dan sistem pembelajarannya. Tubuh pengetahuan (body of knowledge) UIN SSC memiliki filosofi dan implementasi metodologi dengan inti integrasi ilmu dengan ilmu lain yang dikembangkan untuk membangun distingsi yang khas pada seluruh unit atau lembaga, terutama fakultas dan program studi yang melaksanakan pembelajaran berbasis siber dan profil lulusan memiliki kompetensi digital.

Mengapa transformasi digital UIN SSC dibutuhkan? Ada beberapa argumentasi yang diberikan pentingnya transformasi digital tersebut. Pertama, UIN SSC sebelumnya memiliki infrastruktur teknologi dan informasi yang terbatas untuk pembelajaran mahasiswa dan dosen, memiliki akses terhadap sumber daya dan informasi  terbatas, sehingga menimbulkan tantangan besar dalam mengembangkan sistem pendidikan tinggi yang efektif berbasis siber. Penerapan transformasi digital melalui digitalisasi dan saling terhubung antar unit akan memberikan peluang unik untuk merevitalisasi dan mengembangkan lanskap pendidikan tinggi yang maju dan berkontribusi dalam membangun ekosistem pendidikan tinggi yang tangguh, inklusif, dan kompetitif. Dengan kata lain, UIN SSC dapat mendorong perubahan paradigma pengelolaan pendidikan tinggi berbasis teknologi pada PTKN.

Kedua, transformasi digital UIN SSC mengacu pada  pengintegrasian  teknologi  digital  ke  dalam  berbagai  aspek kebutuhan masyarakat yang secara mendasar mengubah cara organisasi beroperasi dan memberikan nilai kepada pemangku kepentingannya. Tansformasi digital  mencakup adopsi  teknologi  seperti  platform  pembelajaran  online,  perpustakaan elektronik, dan alat komunikasi digital, serta peningkatan kompetensi digital bagi dosen dan mahasiswa. Hal ini akan memberikan dampak perubahan yang siginifikan bagi munculnya pembelajaran digital dan kompetensi digital pada dosen dan mahasiswa.

Ketiga, keterbatasan infrastruktur digital menyebabkan perguruan tinggi memiliki keterbatasan akses terhadap sumber daya fisik seperti ruang kelas, laboratorium, dan perpustakaan. Kompetensi digital dosen dan mahasiswa yang terbatas juga dapat mengganggu kelangsungan pendidikan bagi banyak orang, dengan banyak mahasiswa yang tidak dapat menempuh pendidikan tinggi karena kesulitan akses, keterbatasan pendanaan atau biaya untuk memperoleh kesempatan yang sama untuk kuliah, serta keterbatasan akses terhadap konten atau materi  pembelajaran  terkini, serta ketidakmampuan untuk membangun kolaborasi internasional. Juga kompetensi  digital  tenaga  kependidikan  yang  terbatas  dapat  menghambat  proses  layanan  administrasi, keuangan, dan akademik sehingga out-put, out-come, dan dampak penyelenggaraan program menjadi rendah, bahkan banyak waktu dan anggaran yang terbuang.

Keempat, tantangan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat dapat menggerakkan UIN SSC untuk menyusun strategi transformasi digital yang tepat dengan pendekatan komprehensif dan berwawasan masa depan agar dapat beradaptasi dengan perubahan lanskap pendidikan tinggi berbasis siber atau digital. Karena itu, transformasi digital menawarkan jalan yang sistemik untuk mencapai tujuan itu, karena dapat menjembatani kesenjangan dalam  akses terhadap pendidikan, mendorong kolaborasi dan kemitraan antara UIN SSC dengan  perguruan tinggi berbasis siber lainnya untuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan di dunia yang semakin digital sekarang ini.

Sumber: