Penandatanganan MoU dan Sosialisasi Pendidikan Jarak Jauh di FITK UIN Syekh Nurjati Cirebon

Penandatanganan MoU dan Sosialisasi Pendidikan Jarak Jauh di FITK UIN Syekh Nurjati Cirebon

--

CIREBON – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syekh Nurjati Cirebon menggelar acara penting berupa Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) untuk Praktik Lapangan Pendidikan (PLP) dan Sosialisasi Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). 

Acara yang berlangsung di Auditorium FITK lantai 5 pada pukul 13.00 WIB ini dihadiri oleh para Kepala Sekolah dari SMA, SMK, dan MA se-Ciayumajakuning serta para pengasuh pondok pesantren di wilayah tersebut. Selasa (25/06/2024). 

Acara ini diawali dengan sambutan dari Dekan FITK, Dr. H. Saifuddin, M.Ag., yang menegaskan tujuan MoU PLP adalah untuk mempererat kerja sama antara fakultas dan sekolah-sekolah dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui PLP yang akan dilaksanakan akhir Juli mendatang.

“Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa serta meningkatkan keterampilan mengajar mereka sebelum terjun ke dunia kerja bidang pendidikan,” ujar beliau.

Hadir dalam acara ini juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, H. Saefuddin Jazuli, yang memberikan dukungan penuh terhadap inisiatif FITK. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya program PJJ dan menyarankan agar sosialisasi lanjutan diadakan untuk madrasah aliyah dan pondok pesantren.

Selain penandatanganan MoU, acara ini juga mencakup sosialisasi mengenai program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), yang menjadi salah satu fokus utama FITK dalam menjawab tantangan pendidikan di era digital. 

Program ini bertujuan untuk memperluas akses pendidikan, terutama melalui sumber daya pendidikan Islam terbuka (Open Islamic Education Resources) di UIN Syekh Nurjati Cirebon.

Para peserta mendapatkan informasi rinci mengenai pelaksanaan PJJ, termasuk manfaat, tantangan, serta solusi yang ditawarkan FITK untuk memastikan keberhasilan program ini. Sosialisasi ini dipandu oleh para ahli di bidangnya, seperti Kajur PJJ PBA Dr. Wahyudin, M.Pd, Kajur PJJ PGMI Wulan Andini, M.Pd, dan Sekjur PJJ PAI Zakky Yavani, M.Pd.

Kegiatan ini mendapatkan sambutan positif dari para peserta. Kepala sekolah dan pengasuh pondok pesantren yang hadir menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif FITK yang tidak hanya fokus pada pengembangan kompetensi mahasiswa, tetapi juga pada inovasi dalam metode pembelajaran yang relevan dengan perkembangan zaman.

Sekjur PJJ, Zakky Yavani, M.Pd., juga menginformasikan bahwa PJJ PAI telah melaksanakan sosialisasi secara online dengan para TKI di Jepang, sebagai upaya mencerdaskan putra bangsa di manapun berada, dengan tagline “Kuliah Nyaman dan Kerja Aman”. ungkap Sekretaris Jurusan PJJ PAI.

Dengan terlaksananya MoU PLP dan sosialisasi PJJ yang dihadiri oleh Kepala Kemenag Kabupaten dan perwakilan dari Kepala Kemenag Indramayu serta para kyai di wilayah Ciayumajakuning, diharapkan akan terjalin sinergi yang lebih kuat antara FITK dan lembaga-lembaga pendidikan di Ciayumajakuning. 

Langkah ini diharapkan dapat bersama-sama memajukan pendidikan khususnya di daerah tersebut, dan secara lebih luas di seluruh Indonesia serta manca negara.

Kegiatan ini menandai komitmen UIN Syekh Nurjati Cirebon dalam mendukung inovasi dan kreativitas akademik, serta mempersiapkan generasi penerus yang kompeten dan adaptif terhadap perkembangan zaman. (rls)

Sumber: