Soal Wabup, PDIP Desak Imron Pilih Kader Sendiri

Soal Wabup, PDIP Desak Imron Pilih Kader Sendiri

MULAI DILIRIK. Bacabup Cirebon, Yoga Setiawan mulai dilirik Bupati Indramayu, Nina Agustina untuk menjadi wakilnya saat Pilkada nanti. FOTO : IST/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Kader PDIP meminta partainya segera menentukan sikap. Tak membiarkan kader potensialnya diambil daerah lain. Pasalnya, salah satu pendaftar Bakal Calon Bupati (Bacabup) Cirebon, Yoga Setiawan sudah dilirik Bupati Indramayu, Nina Agustina untuk mendampinginya di bursa Pilkada Indramayu nanti.

Itu disampaikan Ketua PAC PDIP Kecamatan Losari, Danu kepada Rakyat Cirebon, Senin 1 Juli 2024.  Menurutnya Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon, Drs H Imron MAg seharusnya segera merespons cepat. Ini menunjukkan bahwa Yoga lebih dihargai oleh daerah lain ketimbang oleh internal sendiri.

Padahal, Danu melihat Yoga sangat potensial untuk mendampingi Imron karena memiliki pengalaman sebagai anggota dewan.

"Kalau saya lihat, Yoga juga banyak perhatian ke PAC-PAC. Jadi jangan sampai diambil oleh kabupaten lain. Kenapa tidak diambil Imron saja sebagai wakil di Pilkada Kabupaten Cirebon. Dia kader muda yang punya potensi," kata Danu.

Danu menambahkan, jika Kang Imron--sapaan ketua DPC PDIP, memilih Yoga sebagai wakilnya, banyak strategi pemenangan yang dapat dilakukan. Ini akan menguntungkan partai karena PDIP Kabupaten Cirebon akan kembali menduduki kursi E-1.

Hal senada disampaikan Ketua PAC Plumbon, Samari. Ia juga mendukung pandangan tersebut. Meminta Imron untuk mempertahankan Yoga agar tetap di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, Yoga sangat tepat mendampingi Imron sebagai wakilnya dalam Pilkada nanti.

"Jangan sampai melepas kader potensial. Sayang juga kalau malah diambil kabupaten lain,"  tukasnya.

Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) Kabupaten Cirebon pun meminta Kang Imron tidak perlu mencari calon wakil bupati dari partai lain. Segera memilih kader internal dari PDIP sendiri.

Itu disampaikan Sekjen Repdem Kabupaten Cirebon, Warcono Semaun. Kata dia, banyak kader PDIP yang mumpuni dan dapat mendampingi Imron dalam Pilkada Kabupaten Cirebon akhir tahun ini.

Salah satunya, Yoga Setiawan yang sudah dilirik oleh Bupati Indramayu, Nina Agustina untuk menjadi Wakilnya. Itu membuktikan bahwa kaderisasi di DPC PDIP Kabupaten Cirebon berjalan baik dan banyak kader potensial.

"Dengan diliriknya Yoga Setiawan mendampingi Nina di Pilkada Indramayu, membuktikan kaderisasi DPC PDIP Kabupaten Cirebon memang berjalan. Ini menunjukkan bahwa banyak kader PDIP Kabupaten Cirebon yang mumpuni," ujar Warcono.

Warcono juga meminta Imron jeli dalam melihat peluang dan kemampuan setiap kader di Kabupaten Cirebon. Ia menilai, Yoga merupakan kader potensial yang sudah paham kondisi Kabupaten Cirebon. Menurutnya, pencarian wakil dari partai lain bisa dianggap bahwa DPC PDIP Kabupaten Cirebon kekurangan kader potensial.

"Sebenarnya banyak kader PDIP Kabupaten Cirebon yang potensial. Tidak perlu mencari wakil dari parpol lain. Toh satu paket juga sudah bisa maju," pungkasnya. (zen)

Sumber: