Optimisme Koperasi dalam Mendukung Ekonomi Daerah

Optimisme Koperasi dalam Mendukung Ekonomi Daerah

TEGUR SAPA. Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya berbincang dengan penggerak koperasi dalam Perayaan HUT Koperasi ke 77. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Peringatan Hari Koperasi ke-77 di Kabupaten Cirebon menjadi momentum untuk menyoroti peran strategis koperasi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Hal itu, disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Drs Wahyu Mijaya MSi, Selasa 16 Juli 2024.

Kata Wahyu, pentingnya adaptasi dan inovasi koperasi untuk menghadapi tantangan global dan nasional. Ia menggarisbawahi perlunya kreativitas dan evolusi dalam koperasi untuk mencapai tujuan ekonomi yang lebih tinggi.

"Koperasi memiliki potensi besar untuk berkontribusi signifikan terhadap perekonomian daerah jika mampu memanfaatkan kekuatan dan semangat kebersamaan. Maka, koperasi perlu berevolusi dan beradaptasi agar dapat menghadapi berbagai tantangan global maupun nasional," ujar Wahyu.

Ia menekankan pentingnya inovasi teknologi dan strategi pemasaran sebagai kunci keberhasilan koperasi di era ketidakpastian saat ini. "Dengan mengikuti perkembangan zaman, koperasi di Cirebon bisa mendorong pertumbuhan ekonomi lebih dari 5 persen, bahkan hingga 7 persen," tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Cirebon, Drs Dadang Suhendra MSi, menegaskan koperasi dan UMKM adalah dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Koperasi berperan sebagai wadah dan pemilik UMKM, yang bersama-sama mendorong pemulihan ekonomi masyarakat.

"Peringatan Harkopnas tingkat Kabupaten Cirebon ini diharapkan bisa menghadirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, serta menunjukkan peran koperasi dalam pemulihan ekonomi," kata Dadang.

Ketua Dekopinda Kabupaten Cirebon, Pandi SE, menambahkan bahwa Dekopinda selalu mendukung dan bermitra dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan koperasi bersama pemerintah daerah. Ia berharap peringatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang eksistensi koperasi di Kabupaten Cirebon.

"Mudah-mudahan dengan adanya peringatan ini, kita bisa mewujudkan koperasi yang berkualitas dan memberikan informasi kepada masyarakat bahwa koperasi di kabupaten ini benar-benar ada, nyata, dan eksis," ujar Pandi.

Pandi juga menyoroti peran sosial koperasi yang memberikan bantuan seperti kepada anak yatim, pemberian kursi roda, dan kaki palsu, yang merupakan hasil dari program CSR koperasi.

"Dengan adanya kegiatan ini, manfaat koperasi diharapkan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat, mendukung ekonomi lokal, dan memberikan dampak positif yang nyata," pungkasnya. (zen)

Sumber: