5 Makanan Ini Dapat Menunurnkan Kolesterol!

5 Makanan Ini Dapat Menunurnkan Kolesterol!

5 Makanan Ini Dapat Menunurnkan Kolesterol!-FOTO:PINTEREST-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Apa itu kolesterol? kolesterol adalah bentuk lemak yang dihasilkan oleh hati Anda. Jenis lemak ini umumnya ditemukan pada makanan hewani seperti susu dan daging. kolesterol memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun bisa berbahaya jika kadarnya terlalu tinggi.  

Kolesterol tinggi menyerang orang-orang dari segala usia, termasuk anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Hal ini mungkin disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Konsumsi lemak jenuh (jeroan, daging sapi, gorengan, udang, es krim), makanan manis, dan minuman secara berlebihan dapat mengakibatkan kolesterol tinggi. Untuk mengatasinya, konsumsilah lima jenis makanan berikut ini.

1. Gandum

Gandum merupakan makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Anda bisa mengonsumsi oatmeal atau sereal gandum. Oat mengandung 1–2 gram serat larut. Taburan buah-buahan, seperti irisan pisang atau stroberi, dapat memberikan setengah gram serat.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, almond, dan kedelai mengandung protein tinggi dan dapat menggantikan daging untuk meminimalkan lemak jenuh dalam makanan Anda. Mengonsumsi kacang-kacangan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama karena tubuh membutuhkan waktu lama untuk mencernanya, sehingga ideal untuk mereka yang sedang diet.

3. Minyak Nabati

Konsumsi minyak jenuh secara berlebihan berbahaya bagi kesehatan seseorang. Jika Anda memiliki kolesterol berlebih, Anda bisa menggunakan minyak dengan lemak baik. Minyak kanola dan minyak bunga matahari adalah dua contoh minyak sehat yang dapat digunakan sebagai pengganti mentega dan minyak goreng. Minyak zaitun, jagung, dan wijen.

4. Alpukat

Melansir dari Eating Well, alpukat merupakan buah yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol. Alpukat merupakan satu-satunya buah yang bebas gula dan garam, serta mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di pembuluh darah.

Alpukat juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Alpukat bisa disantap dengan cara ditaruh di atas roti panggang untuk sarapan pagi atau diolah menjadi salad yang bergizi.

5. Dark Chocolate

Pecinta coklat? Cokelat hitam dapat dijadikan camilan karena mengandung flavonoid, antioksidan anti inflamasi yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Namun, jangan makan coklat hitam terlalu banyak karena menurut situs Pharm Easy, kafein dapat menyebabkan kesulitan tidur, rasa cemas, sering buang air kecil, peningkatan detak jantung, dan sakit kepala.

 

Sumber: