Sophi dan Aan Dinilai Layak Duduki Kursi Ketua DPRD

Sophi dan Aan Dinilai Layak Duduki Kursi Ketua DPRD

KANDIDAT. Dua kandidat calon ketua DPRD Kab. Cirebon, Sophi Zulfia dan Aan Setiawan. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Persaingan internal di tubuh PDI Perjuangan terkait perebutan kursi Ketua DPRD Kabupaten Cirebon mulai memanas. Posisi strategis itu, diincar beberapa tokoh penting di partai tersebut.

Beberapa nama yang mencuat sebagai kandidat terkuat yang dianggap layak untuk menduduki kursi tersebut, diantaranya adalah Dr Hj Sophi Zulfia SH MH dan Aan Setyawan SSi.

Sophi Zulfia, saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon. Ia dianggap banyak kalangan sebagai kandidat kuat. Selain memiliki pengalaman sebagai anggota DPRD, posisi Sophi sebagai Sekretaris DPC PDIP memberikan kekuatan tambahan yang signifikan dalam pertarungan ini.

Simpatisan PDIP yang enggan disebutkan namanya menilai, Sophi adalah sosok yang paling layak menempati posisi Ketua DPRD, mengingat rekam jejaknya yang panjang dan dedikasinya yang tak diragukan lagi kepada partai berlambang kepala banteng ini.

"Sophi sangat layak dan paling berpeluang untuk menempati posisi Ketua DPRD. Selain pengalaman dan posisi strategisnya di partai, dia juga memiliki rekam jejak politik yang kuat. Sophi bukan hanya pernah menjabat sebagai anggota DPRD, tetapi juga telah menunjukkan loyalitas yang luar biasa terhadap partai," ujarnya, Senin 11 Agustus 2024.

Namun, Sophi tidak sendirian dalam persaingan ini. Aan Setiawan, seorang kader senior yang telah lima kali berturut-turut terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Cirebon, juga dianggap sebagai kandidat kuat. Senioritas dan pengalaman Aan dalam dunia politik menjadikannya sosok yang sangat diperhitungkan dalam perebutan kursi Ketua DPRD.

Dalam pernyataannya, Aan menyampaikan bahwa semua anggota DPRD terpilih dari PDIP memiliki peluang yang sama untuk terpilih sebagai Ketua DPRD, dengan catatan bahwa keputusan akhir berada di tangan DPP PDIP.

"Setiap anggota DPRD dari PDIP memiliki potensi yang sama. Pengalaman dan rekam jejak tentu akan menjadi pertimbangan, dan Muchidin juga adalah calon potensial yang perlu diperhitungkan," ungkap Aan.

Sebelumnya, Bendahara DPC PDIP, Rudiana SE MAP menegaskan bahwa kursi Ketua DPRD adalah hak PDIP sebagai partai pemenang Pemilu di daerah tersebut. Namun ia juga menyadari bahwa semua anggota dewan terpilih dari PDIP memiliki peluang yang sama untuk menduduki posisi itu.

"Sebagai partai pemenang, PDIP tentu berhak atas kursi Ketua DPRD, tetapi semua anggota dewan terpilih memiliki hak yang sama untuk menjadi Ketua DPRD," katanya.

Disinggung mengenai kriteria Ketua DPRD dari PDIP, Rudiana enggan memberikan rincian lebih jauh dan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada DPP PDIP. Menurutnya, keputusan tersebut akan berdasarkan kriteria yang matang dan pertimbangan yang komprehensif dari DPP.

"Saat ini kami masih menunggu arahan dari DPP. Mungkin keputusan tersebut akan segera turun karena DPP juga tengah fokus menghadapi Pilkada serentak," ungkapnya. (zen)

Sumber: