Pilkada Kota Cirebon 2024 Mengerucut 3 Paslon, Efek Pasangan Bamunas-Handarujati Gagal Berlayar

Pilkada Kota Cirebon 2024 Mengerucut 3 Paslon, Efek Pasangan Bamunas-Handarujati Gagal Berlayar

Pilkada Kota Cirebon 2024 Mengerucut 3 Paslon, Efek Pasangan Bamunas-Handarujati Gagal Berlayar-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Memasuki tahapan pendaftaran pasangan calon untuk Pilkada Kota Cirebon 2024 ke KPU, dinamika politik di Kota Cirebon mulai mengerucut, dan sepertinya, yang sebelum-sebelumnya digadang-gadang bisa sampai 4 paslon, kemungkinan hanya muncul tiga pasangan calon saja.

Hal tersebut, mengerucut setelah wacana duet Bamunas-Handarujati gagal berlayar, dan akhirnya berlabuh di Koalisi Kebangkitan Cirebon Maju (KCM) bersama Golkar dan PKB.

Lalu siapa saja pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon yang berlayar di Pilkada Kota Cirebon 2024? simak informasinya dibawah ini.

Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota di Pilkada Kota Cirebon 2024

Dengan demikian, bapaslon pada Pilkada Kota Cirebon 2024 mulai mengerucut ke tiga pasangan saja.

Pertama, paslon yang sudah sejak jauh-jauh hari dijagokan Koalisi Maju Bersama (KMB) yang berisikan Partai NasDem, Partai Gerindra, PKS dan Partai Hanura, yakni Eti Herawati dan H Suhendrik.

Kedua, pasangan calon yang diusung KCM, yakni Effendi Edo dan Siti Farida Rosmawati yang diusung oleh Partai Golkar dan PKB, menyusul PPP dan Partai Demokrat.

Dan ketiga, pasangan Dani Mardani dan Fitria Pamungkaswati yang diusung oleh PDI Perjuangan dan PAN.

Hitung-hitungan diatas kertas, Bapaslon Eti-Suhendrik, didukung oleh empat partai parlemen, dengan akumulasi kursi sebanyak 15 kursi.

5 kursi Gerindra, 5 kursi NasDem, 4 kursi PKS dan 1 kursi Hanura.

Jika dilihat dari modal hasil perolehan suara pada Pileg terakhir tahun 2024 lalu, Partai NasDem dengan 28.438 suara, Partai Gerindra dengan 24.784 suara, PKS dengan 20.557 suara dan Partai Hanura dengan 6.704 suara. Jika dijumlah menjadi 80.483 suara.

Kemudian, pasangan Effendi Edo dan Siti Farida, berangkat dengan 6 kursi Golkar, 3 kurso PKB, dan ada dua parpol yang ikut gabung, 3 kursi Demokrat dan 1 kursi PPP.

Dari perolehan suara, Partai Golkar dengan 26.121 suara, PKB dengan 15.779 suara, Demokrat dengan 14.436 suara dan PPP dengan 10.022 suara, dijumlahkan sebanyak 66.358 suara.

Sedangkan pasangan Dani Mardani-Fitria Pamungkaswati, berangkat dengan modal 4 kursi milik PDIP, dan 3 kursi PAN, dari sisi suara, PDI Perjuangan dengan 24.526 suara, dan PAN dengan 20.303 suara. Menjadi 44.829 suara.

Ketua KPU Kota Cirebon, Mardeko mengungkapkan, pada hari pertama, tidak ada pendaftar, dan untuk hari kedua, pihaknya sudah menerima konfirmasi, bahwa Bapaslon Effendi Edo dan Siti Farida akan mendaftar.

Sumber: