7 Manfaat Tersembunyi Bawang Merah yang Mungkin Belum kamu Tahu

7 Manfaat Tersembunyi Bawang Merah yang Mungkin Belum kamu Tahu

7 Manfaat Tersembunyi Bawang Merah yang Mungkin Belum kamu Tahu-Foto: Pinterest.com-RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

5. Mengurangi Risiko Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa bawang merah mengandung senyawa-senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker perut dan kanker kolorektal.

Senyawa-senyawa ini, termasuk quercetin dan sulfur, memiliki sifat anti-kanker yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan merangsang kematian sel kanker yang tidak diinginkan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dan vitamin C dalam bawang merah bermanfaat bagi kesehatan kulit. Antioksidan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Selain itu, vitamin C membantu produksi kolagen, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Bawang merah juga dapat digunakan sebagai bahan alami dalam masker wajah untuk membantu merawat kulit.

7. Meringankan Gejala Asma

Bagi penderita asma, bawang merah dapat memberikan bantuan berupa sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan gejala asma.

Senyawa quercetin dalam bawang merah dapat membantu mengurangi peradangan di saluran pernapasan, yang sering kali menjadi pemicu serangan asma. Dengan menambahkan bawang merah dalam diet, penderita asma mungkin mengalami penurunan frekuensi dan intensitas gejala.

Dengan memahami berbagai manfaat tersembunyi bawang merah, kamu bisa memanfaatkannya lebih dari sekadar bahan masakan.

Mulai dari menjaga kesehatan jantung hingga meringankan gejala asma, bawang merah adalah tambahan yang berharga untuk pola makan sehat. Jadi, jangan ragu untuk menambahkannya ke dalam diet kamu dan rasakan manfaatnya bagi kesehatan sehari-hari.

Sumber: