Para Paslon di Pilwalkot Kota Cirebon Mulai Perang Survei

Para Paslon di Pilwalkot Kota Cirebon Mulai Perang Survei

Para Paslon di Pilwalkot Kota Cirebon Mulai Perang Survei.-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

Sekretaris Tim Gabungan Pasangan BERES, Fitrah Malik mengatakan bahwa adanya perbedaan hasil survei dari beberapa lembaga merupakan hal yang wajar.

Karena dimungkinkan menggunakan metodologi berbeda yang dilakukan oleh masing-masing lembaga survei tersebut.

Akan tetapi, lanjut Fitrah, setidaknya, lembaga survei harus memenuhi ketentuan, dan harus legitimate terdaftar di KPU, sesuai Peraturan KPU No 10 tahun 2018 pasal 28, ayat (1).

Di situ tertulis, menyatakan bahwa Survei atau Jajak Pendapat dan Penghitungan Cepat Hasil Pemilu dilakukan oleh lembaga yang telah terdaftar di KPU.

Sehingga hasil survei yang dipublish dapat dipercaya oleh masyarakat.

Maka, Fitrah mengimbau kepada masyarakat agar dapat meneliti lembaga survei mana saja yang sudah terdaftar di KPU.

Karena lembaga survei yang terdaftar di KPU wajib mempertanggungjawabkan hasil survei Paslon di Pilkada Kota Cirebon, baik secara moral dan normatifnya.

“Hasil berbeda itu saya rasa wajar, tapi tentu lembaga kredibel akan lebih dipercaya masyarakat. Termasuk lembaga yang harus terdaftar di KPU,” ungkapnya.

Terpisah, juru bicara tim pemenangan Dani-Fitria, M Rafi mengatakan, di hasil survei beberapa lembaga, Dani-Fitria dinyatakan unggul. Dan bagi tim pemenangan, itu menjadi penyemangat untuk lebih keras bekerja melakukan upaya-upaya pemenangan Dani-Fitria.

“Di beberapa lembaga kita unggul. Artinya suara masih dinamis. Maka, kami akan gaspoll terus. Belum lagi di setiap survei, hasil swing voters masih sangat tinggi,” tuturnya.

Sementara itu, dari rilis beberapa lembaga survei, menyebutkan bahwa pasangan calon walikota Cirebon nomor urut 3 Effendi Edo-Siti Farida selalu berada di urutan kedua, bahkan ketiga.

Merespons hal tersebut, tim pemenangan pasangan dengan jargon IDOLA pun turut angkat bicara.

Tim pemenangan IDOLA bidang Media dan Opini Publik, Agung Supirno mengatakan, kondisi tersebut justru membuat timnya lebih termotivasi. Dan tim pemenangan akan semakin masif turun ke masyarakat untuk memenangkan Effendi Edo dan Siti Farida.

“Ini menjadi penyemangat bagi kami dan tim untuk berjuang bersama memenangkan paslon Walikota Cirebon Effendi Edo-Siti Farida,” ungkapnya.

Untuk langkah ke depan, lanjut Agung, tim pemenangan IDOLA sudah mempersiapkan strategi untuk bisa menang di Pilwalkot Cirebon 2024.

Sumber: