Etnis Tionghoa Sambut Meriah Sosialisasi Pilkada dari KPU Kota Cirebon

Etnis Tionghoa Sambut Meriah Sosialisasi Pilkada dari KPU Kota Cirebon

KPU Kota Cirebon Sosialisasi Pilkada ke Masyarakat Etnis Tionghoa.-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID-ISTIMEWA/RAKYATCIREBON.DISWAY.ID

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Selain terus menjalankan tahapan sesuai dengan yang sudah dijadwalkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon juga terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Selasa (15/10) malam, KPU Kota Cirebon memberikan sosialisasi Pilkada kepada warga etnis Tionghoa di Klenteng Winaon, Kota Cirebon.

Koordiv Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Cirebon, Hasan Basri mengungkapkan, sosialisasi Pilkada seperti ini terus dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat, agar mereka mengetahui, dan memahami tahapan dari Pilkada tahun 2024.

"Kita undang 100 warga dari etnis Tionghoa di Kota Cirebon, tujuannya untuk memberikan pengetahuan tentang Pilkada, ungkap Hasan.

Dihadapan para warga etnis Tionghoa, Hasan juga kembali memberikan gambaran tentang Pilkada, dimana pada 27 November nanti, ada 255.779 warga di Kota Cirebon yang akan memilih, dan sudah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), termasuk diantaranya adalah warga etnis Tionghoa, sehingga mereka perlu mengetahui tahapannya seperti apa.

"Kita masuk kepada masyarakat secara langsung, kita beritahukan, bahwa 27 November kita akan melakukan pemilihan walikota dan juga gubernur. Nanti akan ada 2 surat suara yang harus dicoblos," lanjut Hasan.

Tak hanya kepada warga etnis Tionghoa, ditambahkan Hasan, sosialisasi dan edukasi terkait dengan Pilkada ini, terus dilakukan KPU Kota Cirebon, termasuk kepada para pemilih pemula, yang pada Pilkada nanti sudah memenuhi ketentuan, dan untuk pertama kali menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

"Untuk pemilih pemula sendiri jumlahnya naik, yang tadinya 25 persen saat ini sudah 30 persen, ini potensinya sangat besar dan bisa menentukan calon pemimpin kedepannya, sehingga mereka juga harus paham aturan main hingga tahapannya," kata Hasan.

Sumber: