Bina Insan Mulia Pesantren Mewah, Berbiaya Rendah

Bina Insan Mulia Pesantren Mewah, Berbiaya Rendah

JELASKAN. Trainer dan speaker, Dr (HC) Ubaydillah Anwar menilai Pesantren Bina Insan Mulia (Bima) merupakan pesantren mewah namun berbiaya rendah. FOTO : ZEZEN ZAENUDIN ALI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Pesantren VIP Bina Insan Mulia (Bima) 2 dinilai sebagai pesantren mewah, namun berbiaya rendah. Hal itu, disampaikan langsung Trainer dan speaker, Dr (HC) Ubaydillah Anwar, Selasa (22/10).

Padahal, tren hari ini kata dia, lembaga pesantren atau sekolah yang memiliki fasilitas mewah selalu menuntut biaya selangit. Berbeda dengan Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2, meski menggunakan nama VIP, tapi ternyata yang dimaksud di situ bukan bayarannya yang tinggi.

" Melainkan fasilitas dan layanan pendidikan yang dijamin VIP, alias tinggi dan mewah," katanya.

Seluruh fasilitas dan layanan pendidikan yang tergolong mewah, Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 hanya mematok biaya masuk 24.900 juta dan biaya bulanan sebesar 1.7 juta. Jika dibandingkan dengan pesantren atau sekolah yang biayanya 2 kali lipat sekalipun, fasilitas dan layanan mewah itu tidak ditemukan.

"Itulah yang bisa dipahami kenapa Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat. Baru 3 tahun beroperasi, santrinya sudah lebih dari 1000 dari seluruh Indonesia," kata Ubaydillah.

Bahkan saat ini, untuk masuk pun harus inden dulu, peminatnya sudah mengantri. "Para santri tinggal di rumah-rumah joglo berukuran 10x10 yang diisi rata-rata 20 santri. Di dalamnya terdapat fasilitas TV 70 inc, kulkas 2 pintu, AC 2 PK, sambungan internet full 24 jam, playstation," terangnya.

"Kamar mandi di dalam rumah joglo dengan standar hotel berbintang dilengkapi kasur bertingkat dengan kualitas premium," lanjutnya.

Di setiap rumah joglo ada pembimbing yang mendampingi para santri. Untuk makan, para santri mendapatkan layanan 3 kali plus snack setiap hari, bahkan ada jadwal untuk western food di hari khusus. Mereka juga mendapatkan layanan laundry seminggu 2 kali dan kesehatan.

Fasilitas outdoor juga tak kelah lengkapnya. Ada lapangan olahraga, ruangan yang luas untuk berbagai kegiatan unjuk bakat para santri, kolam renang, dan kantin yang menyediakan berbagai menu. Juga terdapat Joglo Agung dan masjid dimana para santri mengaji dengan Pengasuh Pesantren dan melakukan berbagai kegiatan keilmuan.

" Seperti seminar, pelatihan, dan public speaking," kata dia.

Untuk pembelajaran di kelas, pesantren ini menyediakan smart class yang canggih dengan standar negara maju. Seperti Finlandia atau Australia. Kurikulum pesantren ini menerapkan pembelajaran pesantren salaf, pesantren modern, dan sekolah internasional dengan menerapkan Cambridge Curriculum.

Materi inti pesantren dan sekolah, menerapkan metode pembelajaran berbasis program yang telah teruji keberhasilannya selama bertahun-tahun. Bayangkan saja terang pria yang juga merupakan konsultan HCM bidang soft skills dan kecerdasan hati di lembaga pendidikan, korporasi, dan kantor kementerian itu, sudah ratusan santri tingkat SMP dan SMA yang hafal al-Quran hanya dalam waktu 4 bulan.

"Wow, kan? Angkatan pertama dari SMA Unggulan Bertaraf Internasional di pesantren ini telah diterima di kampus terbaik dalam negeri dan luar negeri melalui jalur prestasi dan beasiswa," katanya.

"Khusus untuk guru bahasa Inggris dan Arab, pesantren ini menyediakan native speaker dan bekerja sama langsung dengan Universitas Al-Azhar Mesir," lanjutnya.

Kegiatan ekstrakurikuler di pesantren ini juga kata penulis ribuan buku itu, sangat lah maju. Selain musik, berbagai cabang olahraga, juga kegiatan robotik yang telah menyabet berbagai kejuaraan tingkat nasional dan ASEAN. Bahkan untuk kegiatan Pramuka tingkat internasional, pesantren inilah yang paling banyak mengutus santrinya di kegiatan EURO SCETRO 2024 dan ASIA SCETRO di tahun 2024.

Uniknya di tengah kepungan fasilitas mewah dan kegiatan modern, ternyata Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 tetap melestarikan pendidikan spiritual pesantren salaf. Tirakat dan wirid Dalail Khairat menjadi tradisi para santri dan para guru. Setiap tahunnya, digelar ijazah kubro Dalailul Khairat.

Langsung diberikan oleh Pengasuh Pesantren. Pesertanya sudah 30.000 lebih dari seluruh Indonesia. Secara amaliah dan akidah, pesantren yang berlokasi di Tegal Koneng Cirebon ini menganut Ahlu sunnah wal Jama’ah An-Nahdliyah (NU).

Pengasuh pesantren ini adalah alumnus Pesantren Lirboyo Kediri dan Universitas Al-Azhar Cairo sebelum melanjutkan studinya ke UKM dan Universiti Malaya di Malaysia untuk program study S2 dan S3.
  
Satu-satunya layanan pendidikan yang mungkin hampir tidak kita temukan di pesantren lain adalah adanya arahan dan asistensi total dari Pengasuh Pesantren dan tim beliau kepada santri yang mau tamat. Mereka diberi bekal pengetahuan, bantuan informasi, dan pengurusan sesuai dengan kampus yang akan dimasuki.

" Baik di dalam maupun di luar negeri. Bahkan untuk negara Timur Tengah, pesantren ini telah menjalin kerja sama kelembagaan yang menjamin diterima di kampus-kampus tersebut," tukasnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Bina Insan Mulia, KH Imam Jazuli Lc MA, menjelaskan Pesantren VIP Bina Insan Mulia 2 sebagai bagian dari kontribusi dan solusi untuk negeri. “Masyarakat perlu mendapatkan fasilitas dan layanan pendidikan tingkat atas, namun biayanya bertarif rendah supaya terjangkau bagi banyak kalangan,” tegasnya. (zen)

Sumber: