CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop Bentuk Dukungan CIMB Niaga Tingkatkan Kompetensi

CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop Bentuk Dukungan CIMB Niaga Tingkatkan Kompetensi

JURNALISME. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan “CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop” di Bogor pada Kamis-Sabtu, 24-26 Oktober 2024. FOTO : SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

BOGOR - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan “CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop” di Bogor pada Kamis-Sabtu, 24-26 Oktober 2024.

Acara yang digelar sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 CIMB Niaga ini diikuti jurnalis dari 17 kota di Indonesia.

Mereka adalah para pemenang Road To Jurnalisme Inspiratif: Kompetisi Jurnalistik Tulis dan Foto yang dilaksanakan di 16 kota, serta para jurnalis media nasional dari Jakarta. 

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menyatakan, kegiatan ini merupakan wadah sharing session dengan rekan-rekan jurnalis tentang perkembangan terbaru perbankan, baik dari segi consumer maupun digital banking, serta tren jurnalisme terkini.

Melalui pelatihan ini, para jurnalis diharapkan dapat mengenal lebih dekat industri perbankan, khususnya CIMB Niaga. Di sisi lain, CIMB Niaga juga dapat lebih memahami kebutuhan profesional para jurnalis sebagai salah satu mitra utama perbankan dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

“Di tengah Bulan Inklusi Keuangan yang dicanangkan OJK, kami berupaya meningkatkan literasi keuangan secara masif ke berbagai segmen, termasuk jurnalis sebagai salah satu mitra utama CIMB Niaga. Karena itu, kami mengadakan class & workshop ini untuk menyegarkan kembali pemahaman tentang industri perbankan dan media terkini, sekaligus memberikan pengalaman dan insight yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi dan literasi finansial rekan-rekan jurnalis dari berbagai daerah,” kata Noviady di Bogor, Kamis (24/10/2024).

CIMB Niaga Jurnalisme Inspiratif: Journalist Class & Workshop menghadirkan sejumlah narasumber kompeten dan inspiratif, baik dari industri perbankan maupun media. Dimulai oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi menyampaikan keynote speech mengenai “Banking Reimagined: Next Wave of Consumer Banking”. Materi ini mengulas perkembangan kinerja produk dan layanan perbankan konsumer, serta keunggulan yang dimiliki CIMB Niaga. 

Dilanjutkan oleh Head of Digital Banking, Branchless, and Partnership CIMB Niaga Lusiana Saleh yang membahas topik “Navigating The Digital Banking Trend” untuk meng-update para peserta tentang tren dan inovasi digital banking CIMB Niaga yang selalu relevan dengan preferensi nasabah kini dan nanti.

Topik perbankan lainnya yang diangkat yaitu pentingnya branding dan marketing di industri perbankan yang disampaikan oleh Head of Marketing, Brand & Customer Experience CIMB Niaga Muhamad Firdaus Andjar. 

Selain mengulas tentang perbankan, workshop ini juga menghadirkan sesi tentang tren perubahan perilaku konsumen di era digital dari perspektif media dan perbankan. 

Kelas tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Penasihat Forum Pemimpin Redaksi Arifin Asydhad mewakili media dan Head of Decision Management and Advance Analytics CIMB Niaga Angelica Permatasari dari sudut pandang perbankan.

Untuk memperkaya perspektif dari sisi media, beragam materi lain juga diulas, seperti membangun industri media yang berkelanjutan oleh Tokoh dan Pendiri Portal Berita Online Budiono Darsono. Lalu, special talkshow tentang “Revolusi Media: Kreativitas di Era Jurnalisme Multiplatform” menghadirkan Wakil Direktur Utama KompasTV Rosianna M. Silalahi dan Fotografer Senior Beawiharta.

Tak hanya teori, peserta juga mendapatkan pengetahuan praktis yang dapat diaplikasikan di media masing-masing, melalui workshop tentang “Level Up Your Content Creator” yang mengajak peserta beradaptasi di era multi platform dengan aktif membuat konten yang bermanfaat di media sosial. 

Adapun sebagai bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi keberlanjutan untuk mewujudkan masa depan bumi yang lebih layak huni (The Cooler Earth), pada acara ini Perseroan mengajak peserta mengikuti experiential learning berupa sustainability workshop dengan Membuat Wadah Ecofoam bersama Ecoplast.

Sumber: