Tingkatkan Ketakwaan Siswa, Bupati Launching Milenial Smarttren Ramadan

Tingkatkan Ketakwaan Siswa, Bupati Launching Milenial Smarttren Ramadan

RAKYATCIREBON.ID - Untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan peserta didik, MGMP PAI-SMA Kabupaten Kuningan mengadakan Program Milenial Smarttren Ramadhan SMA se- Kabupaten Kuningan secara daring dan luring bertempat di Aula Pendopo Kabupaten Kuningan, Senin (11/4). Kegiatan tersebut secara simbolis dilaunching oleh Bupati H Acep Purnama disaksikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kuningan Drs H Mujayin MPdI, Ketua MKKS SMA Kabupaten Kuningan H Tri Suknaedi MPd beserta tamu undangan lainnya.

Bupati mendukung sepenuhnya Program Milenial Smart Tren Ramadan yang digagas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar). Program Smart Tren ini tentu bertujuan menumbuhkan budi pekerti untuk membentuk siswa yang mutakin. Disadari bersama, bahwa usia remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. pada masa ini remaja mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik secara fisik, psikologis, maupun sosial.

“Sejalan perkembangannya, remaja mulai bereksplorasi dengan diri, nilai-nilai, identitas, peran dan perilakunya. Supaya masa peralihan menjadi remaja ini, lebih mengarah pada kegiatan positif, seorang remaja harus dibekali dengan pendidikan agama yang baik. Serta didukung dengan kegiatan kegiatan yang kreatif dan positif,” papar Bupati Acep

Untuk itu, bupati menilai kegiatan pesantren kilat/Smartren Ramadhan SMA se-Kabupaten Kuningan merupakan kegiatan yang sangat positif dan efektif bagi para remaja untuk menemukan jati diri serta meningkatkan ilmu dan pengetahuan agama mereka. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah diantara para peserta pesantren kilat, sehingga menumbuhkan semangat persaudaraan untuk bersama-sama berjuang dan membela agama Islam.

“Khususnya bagi diri mereka sendiri. Di tengah kesibukan menjalani tugas sehari-hari sebagai seorang siswa, tentunya harus diimbangi dengan kesejukan nilai-nilai agama. Sehingga terjadi keseimbangan antara dunia dan akhirat,” jelasnya.

Bupati berharap, melalui kegiatan Milenial SmartTren Ramadhan ini dapat menggali potensi intelektual, spiritual, dan sosial generasi milenial dari peserta didik SMA/SMK/SLB. Sehingga selaras dengan Kuningan yang Agamis dan bisa mewujudkan visi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, yaitu Jabar Juara Lahir Batin. Dimana, pembangunan Jawa Barat ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat baik lahir maupun batin.

Hal ini dapat terlihat dari Jabar juara lahir dan batin, berarti pemerintah mampu membangun manusia, mengejar ukhrawi serta juara batin ditandai dengan masyarakat Jawa Barat yang kuat keimanan dan ketakwaannya. Juara syariatnya, hebat amaliahnya, juara gerakannya.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Kuningan, H Tri Suknaedi MPd H. Tri Suknaedi menerangkan pengertian SmartTren adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan pada bulan Ramadhan, dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia di kalangan siswa SMA, SMK, dan SLB. Kemudian juga menumbuhkan sikap dan nilai-nilai luhur kepesantrenan di lingkungan sekolah.

“Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan keagamaan yang dilakukan pada bulan Ramadhan, secara luring atau daring bagi kaum milenial. Yaitu, siswa SMA, SMK, dan SLB, dengan tujuan membentuk generasi beriman dan bertakwa ditandai dengan kecerdasan sikap, pengetahuan, keterampilan,” ungkap Tri. (bud)

Sumber: