Pedagang Ikan Segar Kebanjiran Pesanan

Pedagang Ikan Segar Kebanjiran Pesanan

RAKYATCIREBON.ID -Kebiasaan warga menggelar acara makan bersama pada malam pergantian tahun baru memberi efek positif kepada pedagang kecil.

Salah satunya, pedagang ikan segar di Pasar Ikan Regional Jawa Barat, Desa Lengkong Kulon Kecamatan Sindangwangi yang kebanjiran orderan.

Berdasarkan pantauan Rakyat Cirebon menjelang pergantian tahun, sejak pagi hingga pukul 23.00 WIB, Pasar Ikan Regional Jawa Barat tidak sepi diserbu konsumen.

Berbagai alasan warga memilih ikan sebagai salah satu menu merayakan malam tahun baru. Diantaranya, selain karena harga daging sapi dan kambing yang mahal, alasan kemudahan mengolah makanan ikan menjadi salah satu penyebabnya.

Diding (34), warga Sumber Cirebon mengaku, ia datang ke Pasar Ikan Regional Jawa Barat untuk mencari ikan gurame dan nila. Dia membeli ikan gurame dan nila untuk dibakar bersama keluarga pada malam pergantian tahun baru.

“Saya rasa ikan air tawar selain lebih segar, juga sangat mudah mengolahnya dan tidak sulit mencarinya, berbeda dengan ikan laut,”ucapnya.

Sementara itu, Petugas Pasar Ikan Regional Jawa Barat, Sudirja mengatakan, salah satu penyebab kenapa pasar ikan diserbu warga, selain memang banyak yang suka dengan menu makanan olahan ikan.

Harga ikan air tawar relatif stabil dan tidak ada kenaikan harga sama sekali. Bahkan, untuk ikan Gurame harganya cukup stabil di angka Rp49 ribu per kilogram (kg). Sedangkan Nila Rp30 ribu per kg.

“Sementara untuk harga ikan bawal, patin dan lele hanya dibandrol Rp22 ribu per kilogramnya, kenaikan hanya terjadi pada jenis ikan Mas, dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp35 ribu per kilogramnya,” kata Sudirja.

Nandar, salah seorang pedagang di Pasar Ikan Regional Jawa Barat menjelaskan, di lokasi pasar ikan sendiri terdapat 12 los pedagang ikan, yang menjual berbagai jenis ikan.

Termasuk ikan hias dan lainya. dalam sehari rata rata 500 kuintal lebih terjual. Sementara saat perayaan tahun baru, maupun menjelang Idul Fitri, rata rata per harinya bisa mencapai 2 ton lebih.

“Saat ini (kemarin, red), sampai pukul 12 siang sudah hampir terjual 2 ton lebih dengan beragam jenis ikan, dari sekitar sepuluh pedagang yang buka,” imbuhnya. (pai)

Sumber: