Majalengka Makin Cantik, Bangun Dua Taman Baru, Habiskan Rp9,5 Miliar

Majalengka Makin Cantik, Bangun Dua Taman Baru, Habiskan Rp9,5 Miliar

RAKYATCIREBON.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, terus mempercantik \'wajah\' ruang publik di kawasan perkotaan. Selama pembangunan tahun 2021, setidaknya ada dua taman yang baru dibangun untuk tambahan referensi tempat bermain.

Tamansejarah dan taman eks Mapolres Majalengka adalah ruang publik baru yang akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

\"Nanti tanggal 3 Januari 2022 Insya Allah diresmikan,\" kata Kepala Dinas PUTR Agus Tamim, Rabu (29/12).

Dijelaskan dia, walaupun pembangunan telah diselesaikan pada awal Desember. Pihaknya masih belum membuka pagar pembatas proyek yang menghalangi taman tersebut.

Pihaknya sengaja tidak membuka pagar pembatas tersebut karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan. Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Ditambah lagi menghadapi libur Natal dan Tahun baru yang akan mengundang perhatian banyak orang.

\"Kalau pembangunannya sudah 100 persen selesai. Dari awal Desember sudah selesai. Kita khawatir mengundang perhatian banyak orang,\" ujar dia.

Selain dua taman baru, Taman Raharja yang baru-baru ini diberi sentuhan pembenahan akan diresmikan secara berbarengan dengan taman sejarah dan taman eks Mapolres Majalengka.

\"Ada 3 taman berarti yang nanti akan kita resmikan secara bersamaan. Taman Raharja, Taman Sejarah, dan Taman Eks Mapolres Majalengka. Taman Raharja itu cuma diperbaiki area jogingnya. Lampu-lampu tamannya sama tempat duduk juga,\" jelas dia.

Sementara, taman sejarah yang terletak di sebelah bunderan Munjul itu, kata dia, nantinya masyarakat akan disuguhkan melihat perjalanan sejarah Majalengka dalam bentuk relief.

\"Di dalam taman sejarah, nantinya akan diisi tentang sejarah Majalengka. Ada gambar-gambar bupati terdahulu juga. Diorama sejarahnya berdiri Majalengka, cerita-cerita legenda juga dalam bentuk diorama,\" ucapnya.

Selain taman sejarah, ruang publik baru juga terdapat di bekas Mapolres Majalengka, Jalan Bhayangkara. Namun, ruang publik terakhir ini belum ada penentuan nama.

\"Kalau penamaannya belum ditentukan, masih dipikirkan. Ada pedestrian, musala, sama tempat-tempat dagangan juga, termasuk taman,\" ujar dia.

Untuk taman sejarah, pemerintah mengeluarkan anggaran sebesar Rp3,5 miliar dan Rp6 miliar untuk taman bekas Mapolres. Sehingga totalnya menjadi Rp9,5 miliar. Ditambah lagi pembenahan Taman Raharja Rp1 miliar. (hsn)

Sumber: