Go Up, Upaya Kadin Naikan Kelas UMKM

Go Up, Upaya Kadin Naikan Kelas UMKM

RAKYATCIREBON.ID - Potensi perputaran ekonomi dari sektor UMKM di Cirebon tak bisa dipandang sepele. Terbukti, beragam produk UMKM asal Cirebon mampu merambah pasar nasional.  Sebagian lagi malah tembus di kancah internasional.

Sayangnya, belum ada upaya intensif dan berkelanjutan guna melakukan pendampingan agar makin banyak UMKM asal Cirebon mampu lebarkan sayap.

Melihat situasi seperti itu, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cirebon berupaya menyediakan wadah bagi UMKM asal Cirebon untuk tumbuh dan naik kelas. Hal itu ditegaskan Ketua Kadin Kota Cirebon, Ismayasari kepada Rakyat Cirebon.

\"Ada 7 program kerja Kadin. Di antaranya Kadin Go Up. Program ini bagaimana Kadin bisa mensupport para UMKM khususnya di Kota Cirebon untuk naik kelas,\" ujar Ismayasari di sela kegiatan Pelatihan Reguler UMKM, Sabtu (25/9).

Menurut Ismaya, Kadin Kota Cirebon mempunyai SDM mumpuni untuk melakukan pendampingan pada UMKM di Kota Cirebon. \"Kita optimalkan potensi dari pengurus Kadin yang ada untuk melakukan pendampingan sebagai narasumber baik di dalam Kadin maupun di luar,\" ujar dia.

Sementara itu, Pengurus Kadin Kota Cirebon sekaligus Kordinator Pelatihan UMKM, Budhi Brasco mengatakan, fokus Kadin Kota Cirebon saat ini membekali pelaku UMKM melek branding secara digital. Ada beberapa materi yang diberikan seperti teknik digital marketing, media sosial hingga optimalisasi google ads.

\"Untuk kegiatan hari ini kita beri materi mengenai digital marketing diharapkan pelaku UMKM di masa pandemi ini lebih bisa memanfaatkan produknya bisa menaikan nilai jual,\" kata dia.

Budhi berharap, pelatihan UMKM yang digelar Kadin Kota Cirebon memicu ketahanan ekonomi para pelaku UMKM manghadapi masa pandemi. Lebih lagi saat ini, fitur-fitur yang mendukung digital marekting pelaku UMKM sudah sangat melimpah.

\"Kami berharap ke depannya mereka bisa menampilkan kapasitasnya dengan memperbaiki sisi foto produk, narasi produk, dan bagaimana bisa produknya tampil di halaman pertama di Google,\" jelasnya.

Pemateri Pelatihan UMKM, Frans Pekasa menjelaskan, saat ini UMKM di Kota Cirebon didominasi generasi milenial. Sehingga sangat pas jika mengoptimalkan fungsi media sosial sebagai sarana pemasaran.

\"UMKM yang rata-rara adalah generasi millenial harus mampu meningkatkan ketrampilan dalam bidang teknologi digital. Karena ini adalah peluang bagi UMKM untuk tumbuh lebih cepat dan lebih besar dibanding para pengusaha tua yang rata-rata buta dalam teknologi digital,\" jelas dia.

Dilanjutkan Frans, UMKM harus membuka diri untuk terus belajar tentang saluran-saluran pemasaran dan distribusi baru yang jauh lebih mudah. \"Lebih murah dan lebih cepat dibanding saluran-saluran distribusi konvensional,\" pungkas Frans. (wan)

Sumber: