Lihat Lokasi Pergerakan Tanah, DPR RI Serahkan Bantuan Rp132 Juta

Lihat Lokasi Pergerakan Tanah, DPR RI Serahkan Bantuan Rp132 Juta

RAKYATCIREBON.ID-Komisi VIII DPR RI yang membidangi sosial dan kebencanaan mengunjungi kabupaten Majalengka. Kunjungan anggota dewan tersebut diterima oleh Bupati di Pendopo Gedung Negara Kabupaten Majalengka, Rabu (27/1).

Anggota DPR RI dari Komisi VIII yang membidangi Sosial dan kebencanaan tersebut berjumlah 10 orang dengan tujuan meninjau lokasi bencana alam pergerakan tanah di Desa  Mekarmulya, Kecamatan Lemahsugih.

Rombongan Komisi VIII DPR RI diketuai H Maman Imanulhaq diterima Bupati DR H Karna Sobahi MMPd, Wakil Bupati Tarsono D Mardiana, Sekda Drs H Eman Suherman MM, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD, Staf Ahli Bupati, Kasatpol PP dan Kadishub.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi, menjelaskan, Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang rawan bencana.

“Karena topografi dataran tinggi pegunungan di wilayah selatan yang rawan bencana alam longsor dan pergerakan tanah dan wilayah utara yang langganan banjir,” ujar Karna.

Menurutnya, pemerintah kabupaten Majalengka telah beberapa kali mendeteksi pergerakan tanah dengan mendatangkan ahli geologi dari ITB Bandung.

Langkah tersebut sebagai salah satu antisipasi pergerakan tanah yang sering terjadi di Kecamatan Malausma dan Lemahsugih.

Sementara itu, Ketua Rombongan Komisi VIII DPR RI H Maman Imanulhaq menjelaskan, kunjungan kerja ke Kabupaten Majalengka kali ini selain meninjau lokasi bencana alam pergerakan tanah.

Juga menanyakan sejauh mana kesiapan Pemkab Majalengka dalam mengantisipasi dan penanganan terjadinya bencana alam di Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan tersebut DPR RI menyerahkan bantuan sosial untuk penanganan bencana alam di kabupaten Majalengka sebesar Rp132.717.795.

Terdiri dari makanan siap saji sebanyak 220 paket, makanan anak 160 paket, Kidswear 20 paket, Foodware 45 paket, peralatan dapur 45 paket, tenda gulung 45 unit, kasur 45 unit, selimut 45 lembar, matras 50 unit, velbed 25 unit. “Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Maman.(hsn)

Sumber: