Puluhan Anggota Koramil Bantu Pembangunan Ponpes

Puluhan Anggota Koramil Bantu Pembangunan Ponpes

KUNINGAN - Puluhan anggota TNI dari Koramil 1512/Lebakwangi menggelar karya bhakti membantu proses pembangunan Pondok Pesantren An-Nahdliyah di Jalan Mekarsari Dusun Babakan Rt 011/012 Desa Padamulya Kecamatan Maleber.

Karya bhakti yang dipimpin langsung oleh Danramil 1512/Lebakwangi, Kapten Kav Suharto, anggota TNI gotong royong dewang warga membantu proses pembangunan Barak Santri Nusantara, di area pondok pesantren.

Pondok asuhan KH Abdul Manan yang juga di bawah naungan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tersebut, sedang dilakukan pengecoran untuk menambah kamar santri.

\"Pembangunannya di atas lahan seluas 5 hektare. Karena sangat luas pasti membutuhkan banyak tenaga. Dan memang sudah menjadi kebiasaan di kampung, jika ada salah satu warga yang sedang membangun, warga lainnya pasti ikut membantu semampunya,\" kata Kapten Kav Suharto.

Ia pun mengerahkan anggota Koramil 1512/Lebakwangi yang sedang tidak ada jadwal kegiatan untuk membantu di lokasi pembangunan.

Meskipun sudah ada pekerja yang dalam pembangunannya, Kapten Kav Suharto merasa tetap perlu membantu, apalagi menurutnya itu adalah sarana umat Islam dalam menuntut ilmu.

\"Kami hanya membantu sesuai kemampuan kami. Semoga bisa bermanfaat dan pembangunan bisa berjalan dengan lancar. Terima kasih juga saya ucapkan kepada anggota Koramil 1512/Lebakwangi yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk membantu,\" tuturnya.

Sekedar informasi, melalui SK PBNU, wakaf pembangunan pesantren terlaksana dengan luas 5 hektare, dan sejak Bulan November 2019 mulai dibangun pesantren.

Masjid dan seluruh lingkungan ini nilai keseluruhannya adalah 3,1 miliar, terdiri dari bangunan masjid seluas 605 meter persegi, rumah pengasuh seluas 196 meter persegi dan pembuatan jalan lingkungan masjid sepanjang 735 meter persegi, dan pembuatan pagar.

PBNU berkolaborasi dengan BPKH RI dalam membangun asrama. hal tersebut sesuai dengan amanat UU dengan 3 tujuan yaitu untuk meningkatkan kualitas penyelenggara ibadah haji, rasionalitas dan efisiensi, dan meningkatkan manfaat kemaslahatan umat islam. kegiatan BPKH RI diantaranya pendidikan dan dakwah, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, pembangunan srpras keagamaan, sosial keagamaan dan kesehatan.(ale)

Sumber: